Sosialisasi dan Koordinasi Tentang LARAP/Lahan dan Aspek Lingkungan Bidang Jalan/Jembatan di Ruas Jalan Nasional Provinsi Sumatera Selatan

image

Pada Tanggal 12 September 2013 Bidang Perencanaan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III mengadakan Sosialisasi dan Koordinasi Tentang LARAP/Lahan dan Aspek Lingkungan Bidang Jalan/Jembatan di Ruas Jalan Nasional Provinsi Sumatera Selatan yang pada kesempatan kali ini peserta berasal dari Badan Lingkungan Hidup, Badan Pertanahan baik Provinsi, Kota maupun Pusat serta Dinas PU Bina Marga Provinsi dan Kota. Acara ini diadakan dengan tujuan sinkronisasi antara instansi – instansi tersebut dalam menghadapi Rencana Jalan Tol, Underpass, WINRIP dan program – program lainnya. Serta pendalaman peserta tentang pemahaman masalah lingkungan terutama Undang – Undang Lingkungan yang memiliki konsekuensi pidana maupun sosial, terutama dalam menghadapi masalah – masalah yang ada di lapangan. Peserta juga berasal dari unsur P2JN sebagai urusan masalah desain, dokumen tender yang di dalamnya termasuk tentang lingkungan dan kebutuhan lahan. Disamping itu juga ada CTC WINRIP terkait dengan persiapan lahan dan dokumen lingkungan untuk Program WINRIP.

image

image

Dokumen lingkungan diperlukan dalam memenuhi syarat program – program tersebut di atas, akan tetapi kebutuhan SDM di bidang lingkungan dirasa masih kurang. Untuk itu Bidang Perencanaan BBPJN III bekerjasama dengan Subdit Teknik Lingkungan dan Keselamatan Jalan memberikan edukasi kepada para peserta di acara ini untuk lebih memahami masalah lahan dan lingkungan. Diharapkan dengan diadakannnya acara ini dapat dimanfaatkan para peserta dalam menghadapi masalah di lapangan mengenai dokumen lingkungan dan lahan.