Workshop Perkerasan Lintas Timur Provinsi Sumatera Selatan & Lampung

Pada hari Selasa tanggal 2 Juli 2013 Bidang Perencanaan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III mengadakan  acara Workshop Perkerasan Lintas Timur Provinsi Sumatera Selatan & Lampung. Acara ini dihadiri oleh para Satker dan PPK , para Konsultan, Core Team Provinsi Sumatera Selatan & Lampung. Pertama – tama acara ini dibuka oleh Ir. Syarkowi, M.Sc (Kepala Bidang Perencanaan BBPJN III) kemudian penyampaian kondisi Jalan Lintas Timur oleh P2JN Provinsi Lampung Bapak Marsudi dan P2JN Provinsi Sumsel oleh Bapak Kisman.Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian hasil Survey Pendampingan Jalan Lintas Timur oleh Pusjatan, bagaimana perencanaan dan penanggulangannya serta spesifikasi teknis pelaksanaan pekerjaan yang paling cocok untuk Jalan Lintas Timur.

Jalan Lintas Timur merupakan Jalan Lintas Trans Sumatera yang merupakan jalur nadi jalan Sumatera yang nantinya merupakan Jalan Trans Asia. Banyak sekali permasalahan yang ada di Jalan Lintas Timur ini antara lain jumlah lalu lintas dan muatannya, serta angkutan batu bara dan kayu.  Usaha pemecahan permasalahan tersebut antara lain dengan adanya PBC (Performance Based Contract) yang perencanaan pelaksanaannya pada tahun 2014.

Pada Jalan Lintas Timur ini Pusjatan sering melaksaakan Survey Hawk Eye, WIMP, FWD, NASRA, yang data – datanya nanti dapat digunakan sebagai solusi pada permasalahan Jalan Lintas Timur ini. Pada acara kali ini narasumber Pusjatan menjelaskan lebih detail tentang Perkerasan Jalan.

Diharapkan dengan acara ini para peserta mendapatkan ilmu yang dapat diimplimentasikan pada pemecahan permasalahan di Jalan Lintas Timur Provinsi Sumatera Selatan & Lampung.