Sosialisasi KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK (KIP)

Sebagaimana diketahui, KETERBUKAAN INFORMASI pada negara DEMOKRASI, merupakan aspek yang SANGAT PENTING. Keterbukaan informasi adalah salah satu PILAR yang akan mendorong terciptanya IKLIM TRANPARANSI, bahkan merupakan aspek PENILAIAN atas pelaksanaan Pemerintahan yang baik ( good governance).

Untuk mendukung hal tersebut, Bidang Perencanaan BBPJN III, sesuai salah satu Tupoksinya, mengadakan kegiatan Sosialisasi KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK (KIP), dengan narasumber dari Puskom Kementerian PU.

INFORMASI PUBLIK, adalah informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dan atau diterima oleh suatu badan Publik yang berkaitan dengan penyelenggara dan Penyelenggaraan negara dan atau Penyelenggara dan Peyelenggaraan Badan Publik lainnya yang sesuai dengan UU No: 14/2008, serta informasi lain yang berkaitan dengan KEPENTINGAN PUBLIK.
Bila ada SENGKETA INFORMASI PUBLIK, sengketa yang tejadi antara badan publik dan PENGGUNA Informasi Publik yang berkaitan dengan HAK memperoleh dan menggunakan informasi berdasarkan perundang-undangan, dapat diselesaikan dengan cara MEDIASI, bila tidak dengan AJUDIKASI.
Contoh permohonan informasi publik yang BERMASALAH, informasi yang DIMINTA, yaitu : Dokumen Kontrak, Spesifikasi dan Gambar Rencana, OE dan Harga Satuan Kontrak, Laporan Keuangan (Swakelola), Kwitansi/bukti Pembayaran/SP2D, RKAKL dan Laporan Hasil Pemeriksaan Auditor.
Motto Puskom PU : Kami TERBUKA KARENA Anda BERHAK TAHU….!!!!!

Text by : Ir. Syarkowi, M.sc