RAPAT PRESENTASI DESAIN LAPORAN ANTARA P2JN LAMPUNG

Pada hari Selasa tanggal 25 Juni 2013 Bidang Perencanaan BBPJN III melaksanakan Rapat  Presentasi Desain Laporan Antara P2JN Lampung dengan narasumber Bapak Asep Hilmansyah dari Subit Jembatan serta Bapak-bapak perwakilan dari Puslitbang Jalan dan Jembatan. Acara juga dihadiri oleh unsur Konsultan Perencana P2JN Lampung.

Sesuai dengan target bahwa bulan Oktober diharapkan akan dimulai proses lelang untuk tahun anggaran 2014, maka bila dihitung sejak akhir bulan Juni, praktis tinggal 3 bulan lagi sisa waktu yang kita miliki untuk menyelesaikan perencanaan sampai proses Analisa Harga Satuan. Kami mengharapkan sampai hari ini, proses desain sudah mendapat gambaran jelas, finalnya akan bagaimana.

Sesuai SE Dirjen 04 Tahun 2011 diperlukan koordinasi antara satker perencanaan dan fisik mengenai penajaman untuk meningkatkan mutu desain. Kami mengharapkan sudah ada koordinasi yang cukup baik antara perencanaan dan fisik sehingga nantinya desain yang dihasilkan dapat tepat sasaran, meminimalisir justifikasi teknis di lapangan.

Beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain dalam perencanaan tahun ini antara lain :

Desain yang dibuat bersifat ekonomis tetapi tetap memperhatikan kebutuhan lapangan, mengingat anggaran 2014 akan dikurangi. Lokasi pekerjaan diperhatikan cermat, karena masa pemeliharaan 2 tahun.

Seperti yang diungkapkan dalam Surat Direktur Jenderal Bina Marga, Harga Satuan yang digunakan sebagai dasar Engineering Estimate di Indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan yang signifikan. Peningkatan ini tidak sebanding dengan kenaikan DIPA setiap tahun yang diterima Kementerian PU. Sehingga diperlukan kalkulasi yang lebih cermat sebagai tolak ukur penyelenggaraan dan pendanaan. Pendanaan untuk harga/ sewa peralatan, harga dasar material, pendanaan lain benar-benar diambil dari survei harga pasar ataupun harga yang dikeluarkan oleh instansi yang berwenang, sedangkan harga upah diambil dari patokan UMR daerah setempat.

Khusus desain drainase harus lebih memperhatikan arah mengalirnya air (tali air) di perkerasan jalan

Diharapkan hasil yang didapatkan pada acara kali ini dapat bermanfaat untuk desain yang lebih maksimal.