Bimbingan Teknis Publikasi

Banyak pencapaian yang telah dilakukan Kementerian PU dalam pembangunan infrastruktur, tetapi masih banyak masyarakat yang belum mengetahui mengenai peran dan fungsi, kinerja serta pencapaian kementerian teknis ini. Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan informasi publik, diperlukan publikasi informasi kepada masyarakal sebagai suatu bentuk pertanggungjawaban kepada publik. Sebagai pusat informasi dan komunikasi dari Kementerian PU, maka sudah sepantasnya bagi Puskom (Pusat Komunikasi Publik) untuk mengembangkan kapasitas dan kualitas sumber daya manusianya dalam bidang publikasi, antara lain dalam pelaksanaan pameran dan pembuatan video pendek untuk lklan Layanan Masyarakat. Dengan dikembangkan kapasitas dan kualitas SDM dalam bidang publikasi ini diharapkan akan membantu Kementerian PU dalam mengkomunikasikan dirinya secara peran, kebijakan. Dan amanat yang diemban. Selain itu saat ini, Kementerian PU masih belum memiliki satu panduan besar yang menjadi dasar bagi pelaksanaan kegiatan publikasi di lingkungan Kementerian PU sehingga publikasi yang dilakukan bisa lebih terorganisir dan tepat sasaran. Penguatan kapasitas melalui diskusi diharapkan dapat mengembangkan sebuah outline strategi publikasi bersama Kementerian PU. Untuk pengembangan kapasitas SDM serta kualitas publikasi tersebut maka diperlurkan dukungan dalam pengadaan kegiatan bimbingan teknis ataupun pelatihan dalam bidang publikasi.

Untuk menghasilkan bahan publikasi yang menarik, eye catching, informatif dan akurat, maka dibutuhkan kegiatan swakelola Bimbingan Teknis Publikasi kepada karyawan PU yang bekerja di sektor publikasi. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 3 – 5 Juni 2013 di Hotel Jayakarta, Bandung – Jawa Barat.

Maksud Kegiatan

Bimbingan teknis dalam bidang publikasi dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan publikasi yang dilaksanakan di Kementerian Pekerjaan Umum.

Tujuan Kegiatan

Meningkatkan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia di bidang publikasi, khususnya untuk kegiatan pameran dan pembuatan video pendek;

Mengembangkan sebuah outline strategi publikasi bersama Kementerian PU;

Mensinergikan kegiatan publikasi di lingkungan Kementerian PU baik yang di pusat maupun di daerah (balai-balai).

Hasil dari kegiatan tersebut berupa Video Iklan Layanan Masyarakat tentang Rusunawa yang dikerjakan secara berkelompok yang beranggotakan  :

Adhi Surya, Ifan Endi, Mochammad Iqbal, Esa Sampurno, Noorman, Loida, Shinta

Video tersebut telah kami upload di YouTube dengan link sebagai berikut :