Bimbingan Teknis Pelayanan Informasi Peta Tematik Dan SIG Bidang Ke-PU-an.

Sesuai dengan Renstra Kementerian PU Tahun 2010-2014, salah satu program Sekretariat Jenderal adalah Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur Kementerian PU, dengan outcome: terwujudnya dukungan sarana dan prasarana komunikasi dan informasi yang memadai di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum.

peta1 peta2

 

Kegiatan Unit Organisasi Pelaksana Pusat Pengolahan Data adalah Penyelenggaraan dan Pengembangan Data dan Sistem Informasi bidang pekerjaan umum dan permukiman, dengan indikator kinerja output : Jumlah peta tematik bidang pekerjaan umum dan permukiman serta jumlah sistem aplikasi informasi dan database Kementerian PU, yang diukur dari indikator outcome, yaitu : Jumlah peta profil infrastruktur dan jaringan Local Area Network (LAN). Mengacu pada indikator kinerja output diatas, maka kegiatan Tahun Anggaran 2013 yang dilaksanakan oleh Balai Pemetaan Tematik Prasarana Dasar, Pusat Pengolahan Data, adalah dalam kegiatan Penyelenggaraan dan Pengembangan Data dan Sistem Informasi Bidang PU dan Permukiman serta dijabarkan pada pekerjaan Peta Tematik Bidang PU dan Permukiman yang difokuskan pada Bimbingan Teknis Pelayanan Informasi Peta Tematik Dan SIG Bidang Ke-PU-an.

peta3 peta4

Bimbingan teknis dilaksanakan dalam 2 (dua) angkatan. Peserta pada setiap angkatan berasal dari Balai/Satker disekitar wilayah bimbingan teknis. Bimbingan teknis diselenggarakan di ibukota provinsi atau kota lainnya y ang memiliki tempat dan sarana yang memadai. Bimbingan teknis Pelayanan Informasi Peta Tematik dan SIG Bidang Ke-PU-an kali ini diselenggarakan selama 3 (tiga) hari, yaitu pada tanggal 23 – 25 April 2013 yang diselenggarakan di kota Yogyakarta.

Maksud kegiatan yang ingin dicapai adalah memberikan bimbingan teknis pembuatan peta tematik yang sesuai dengan kaidah pemetaan. Tujuan dari kegiatan ini adalah tersedianya data peta tematik dan SIG bidang pekerjaan umum yang lebih mutakhir dengan informasi terkini dari berbagai daerah, serta meningkatkan kualitas sumber dayamanusia dalam bidang pemetaan di daerah melalui transfer teknologi informasi dengan masing-masing pemilik data tematik ke-PU-an.

Sasaran kegiatan bimbingan teknis ini adalah Unit Kerja Pusat maupun daerah dilingkungan Kementerian Pekerjaan Umum. Peserta dari masing-masing unit pengutus berjumlah 2 orang yang mempunyai tugas terkait dengan pemetaan.