PATOK PENGARAH LENTUR

Oleh Informasi Publik BBPJN III

Bidang Perencanaan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III melakukan Pilot Project Pemasangan Patok Pengarah Lentur, ini dilakukan untuk mewujudkan prinsip Forgiving Road untuk Jalan yang LEBIH berkesalamatan. Jadi tingkat keparahan korban apabila terjadi kecelakaan bisa diminimalisir.
patok1

Tidak seperti patok pengarah yang kaku dari beton maupun besi selama ini, patok pengarah lentur ini terbuat dari plastik Paralon yang dibagi dua, sehingga bersifat Flexible. Karena patok pengarah berfungsi menandai tepi jalan untuk menunjukkan batas lateral lajur lalu lintas yang aman dan menunjukkan alinyemen jalan di depannya, baik itu Horizontal maupun vertikal.

patok2

Sebagai PERCONTOHAN, patok pengarah ini dipasang pada Ruas N. 004 Betung – Batas Kota Palembang (1 titik), Ruas N. 003 Sei. Lilin – Betung (6 titik), dan N. 005 Batas Kota Palembang (5 titik). Lokasi-lokasi ini sesuai rekomendasi INDII-Bintek dan hasil Audit Keselamatan Jalan Bidang Perencanaan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III.

patok3

Pemasangan patok pengarah  ini akan dikasji efektifitasnya dan akan diteruskan pemasangan selanjutnya. Harapannya ada masukan dari Stakeholder terkait serta pengguna jalan dalam rangka mewujudkan jalan yang LEBIH berkeselamatan.

patok4