RAPAT TOL TRANS SUMATERA RUAS INDERALAYA – PEKANBARU

Oleh Urusan Informasi Publik BBPJN III

Rapat Koordinasi Dalam Rangka Penyusunan Studi Kelaikan dan Desain Awal Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Indralaya-Pekanbaru yang disampaikan oleh Direktorat Bina Program, diwakili oleh Kepala Seksi Strategi Subdit Kebijakan dan Strategi (Dedy Gunawan, ST, MSc). Rapat yang bertempat di Ruang Rapat BBPJN III, dibuka oleh Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III yang diwakili oleh Kepala Bidang Perencanaan (Ir. Syarkowi, MSc).

Tujuan utama diadakan rapat ini adalah untuk penyampaian informasi mengenai alternatif pemilihan trase dan juga sikronisasi aspirasi dari daerah. Dihadiri oleh utusan dari Bina Teknik Direktorat Bina Marga, utusan dari BBPJN I, Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sumsel, Dinas Kehutanan Provinsi Sumsel, Bappeda Sumsel, Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, Satuan Kerja P2JN Provinsi Sumsel, Bidang Pelaksanaan BBPJN III, Konsultan Bina Program, serta Konsultan Coreteam BBPJN III.

Di dalam rapat ini disampaikan rencana dan kesiapan High Grade Highway Sumatera yang mana untuk wilayah BBPJN III ada sekitar 622 km, Bakauheni – Terbanggi Besar, Terbanggi Besar-Pematang Panggang, Pematang-Indralaya, Indralaya-Palembang, dan Indralaya-Jambi. Tujuan Feasibility Study adalah menyusun studi kelayakan HGD Trans Sumatera ruas Inderalaya-Pekanbaru, menyusun Pra Rencana Teknik High Grade Highway Trans Sumatera. Sinkronisasi program antara Kementerian dan Provinsi sangat diperlukan, terutama yang berkenaan dengan Rencana Tata Ruang Provinsi dan program-program dari Pemerintah Daerah agar tidak bertabrakan atau tumpang-tindih.