Kunjungan Kerja Komisi III DPRD Kabupaten Bangka Tengah

Oleh Urusan Informasi Publik BBPJN III

Bertempat di Ruang Rapat Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III (18/7), diadakan Rapat Konsultasi Komisi III DPRD Kabupaten Bangka Tengah, Masalah Pembangunan Jalan. Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Pelaksanaan BBPJN III (Ir. H. Kgs. Syaiful Anwar, MT), didampingi Kasubdit Wilayah ID (Ir. Sofian Lubis, MSi), Plh. Kasi Perencanaan Teknis dan Lingkungan Bidang Perencanaan, Kepala Satuan Kerja Wilayah I Provinsi Bangka Belitung, Ketua DPRD Kabupaten Bangka Tengah, serta Anggota DPRD Bangka Tengah.

Dalam hal Rencana Pembuatan Taman Kota di Koba yang mengenai badan jalan nasional, diharapkan pemerintah daerah dapat menyiapkan desain taman kota untuk menjadi bahan studi lalu lintas sehingga perencanaan posisi badan jalan dapat disesuaikan dan tidak menyalahi Persyaratan Teknis Jalan. Diperlukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan dan tinjauan langsung oleh Bidang Perencanaan dari BBPJN III dan Pemerintah Daerah dalam hal ini Bappeda dan Dinas PU Kabupaten Bangka Tengah, disertai Satker di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Mengenai ruas jalan Terentang-Koba yang termasuk jalan nasional ruas Namang-Koba, diharapkan oleh pemerintah daerah dapat segera dipindahkan, dikarenakan badan jalan berada dipinggir pantai (± 10 m) sehingga ditakutkan akan berakibat buruk. Menurut anggota Dewan, daerah ini akan dikembangkan menjadi daerah pariwisata. Seperti yang diutarakan oleh Ketua Rombongan DPRD Kabupaten Bangka Tengah, Pemerintah Daerah siap menyediakan dana untuk pembebasan lahan. Tambahan dari Kasubdit Wilayah ID, bahwasanya diperlukan studi dan desain khusus sebelum tahap perecanaan. (A/P)