Rapat Koordinasi Palembang Western Ring Road Jl. Sukarno-Hatta Palembang

Oleh : Rina Windarti

Pada tanggal 25 Juni 2012 bertempat di ruang rapat Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) III dilaksanakan rapat koordinasi mengenai pekerjaan Palembang Western Ring Road yang berlokasi di Jalan Sukarno-Hatta Palembang, Sumatera Selatan.

Rapat dihadiri oleh Kepala Bidang Perencanaan BBPJN III, Ir. Sarkowi, M.Sc, Kepala Bidang Pelaksanaan Ir. Kgs. Saiful Anwar,  MT, Kepala Satuan Kerja P2JN Sumatera Selatan Ir. Gunawan, MT, PPK Metropolitan Palembang, Ramon Massey S, ST, MT, Konsultan Manajemen Proyek,  Konsultan Pengawas, dan Kontraktor Paket Palembang Western Ring Road.

Dalam rapat dibahas tentang lingkup dari pekerjaan yaitu :

  • Pelebaran Jalan  sepanjang 8,73 Km dari 2 lajur menjadi 4lajur, dengan lebar jalan  7 meter
  • Overlay perbaikan crown jalan eksisting sepanjang 8,73 Km
  • Pembangunan Jembatan baru di sisi pelebaran dan di sisi jalan eksisting, bentang 16 meter
  • Pembenahan 3 buah simpang : Parameswara, Alang-alang Lebar dan Parameswara
  • Pembuatan 3 buah U-Turn
  • Box Culvert , Drainase dan Perlengkapan Jalan

 

Selain lingkup pekerjaan, dibahas juga tentang progress kemajuan pekerjaan yang telah selesai dilaksanakan dan hambatan yang dialami oleh kontraktor pelaksana untuk kemudian dibahas mengenai solusi dan rekomendasi untuk mengatasi hambatan pekerjaan yang ada.

Salah satu poin penting yang ditekankan dalam pembahasan rapat yaitu mengenai manajemen lalu lintas dan keselamatan jalan yang diterapkan di lingkungan kerja Palembang Western Ring Road. Selain itu juga ditekankan tentang penguasaan manajemen proyek baik untuk mendukung kinerja pelaksanaan pekerjaan sehingga dapat selesai  tepat waktu dan tepat mutu sesuai dengan spesifikasi yang disyaratkan.