Bimbingan Kegiatan Teknis  Sistem Manajemen Mutu

Oleh Urusan Informasi Publik, Bidang Perencanaan BBPJN III

Pusat Pembinaan Penyelenggaran Konstruksi, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya menyelenggarakan kegiatan pembinaan bidang pengadaan jasa konstruksi memberikan  Bimbingan Teknis Bidang SMM Konstruksi bagi pembinaan jasa konstruksi daerah dengan harapan para pelaku tersebut dapat memberikan pemahaman informasi kepada semua pihak terkait mengenai materi ini. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, peserta Bimbingan Teknis nantinya dapat menigkatkan kapasitas dan kompetensi selruh pelaku jasa konstruksi.

Diharapkan dengan pentelenggaraan kegiatan Bimbingan Teknis dalam Bidang Sistem Manajemen Mutu Konstruksi ini dapat menciptakan keberhasilan dalam penerapan Sistem Manajemen Mutu di tempat kerja masing – masing, sehingga penyelenggaraan pekerjaan konstruksi dapat tercipta produk konstruksi yang handal, tepat mutu, tepat waktu, serta tepat dana.

Bimbingan Kegiatan Teknis  Sistem Manajemen Mutu ini berlangsung selama tiga hari yaitu tanggal 19 sampai 21 Juni 2012. Materi yang diberikan pada pelaksanaan Bimbingan Kegiatan Teknis  Sistem Manajemen Mutu ini antara lain :

  1. Kebijakan Pemerintah Tentang Mutu
  2. Kebijakan SMM sesuai Permen PU No. 04/PRT/M/2009
  3. Penerapan SMM di Kementerian PU
  4. 8 (Delapan) Prinsip Manajemen Mutu
  5. Lampiran 1 Permen PU No. 04.PRT/M/2009
  6. Pengantar Penyusunan RMP
  7. Pengantar Penyusunan RMK
  8. Dokumentasi, Rekaman dan Sumber Daya
  9. Audit Internal – Pemantauan Proses dan Produk
  10. Pengendalian PTS, Tindakan Korektif dan Tindakan Pencegahan

Diharapkan dengan kegiatan Bimbingan Kegiatan Teknis  Sistem Manajemen Mutu ini dapat memberikan pengetahuan dan peningkatan pemahaman bagi pelaku jasa konstruksi di seluruh Indonesia tentang Sistem Manajemen Mutu.