Workshop Keselamatan Jalan pada Pekerjaan Jalan di Indonesia

Oleh : Rina Windarti, Informasi Publik BBPJN III

Pada tanggal 13-14 Juni 2012 diadakan Acara Workshop Keselamatan Jalan pada pekerjaan Jalan di Indonesia. Acara ini terselenggara atas kerjasama Bina Teknik Kementerian Pekerjaan Umum dan INDII (Indonesia Infrastucture Initiative). Workshop keselamatan jalan ini berisi tentang materi-materi antara lain tentang Kebijakan Keselamatan Jalan, Rambu,Marka dan Deliniasi, Pengantar Keselamatan Jalan Pada Pekerjaan Jalan serta Management Hazard Sisi Jalan di Pekerjaan Jalan. Selain diberikan materi di kelas, dilakukan juga kunjungan ke lapangan untuk mengetahui dan menganalisa manajemen pengaturan lalu lintas di pekerjaan jalan.

Kunjungan lapangan dilakukan di pekerjaan jalan Western Ring Road di Jalan Sukarno Hatta Palembang. Pada kegiatan workshop keselamatan jalan ini juga dilakukan latihan menyusun manajemen lalu lintas yang dilanjutkan dengan diskusi atas latihan yang telah dilakukan. Selaku pembicara dalam kegiatan workshop ini adalah Mr. Phillip Jordan dan Jany Agustin dari INDII (Indonesia Infrastucture Initiative).

Kesimpulan yang dapat diambil dari kegiatan workshop ini adalah peran Kementerian Pekerjaan Umum selaku penyelenggara jalan yang berkewajiban mewujudkan jalan yang berkeselamatan bagi pengguna maupun pekerja jalan di lokasi pekerjaan. Seringkali pekerja jalan mengabaikan keselamatan dirinya karena belum adanya pengetahuan tentang bahaya yang ada. Peran serta dari institusi lain seperti Kementerian Perhubungan dan Kepolisian juga diperlukan dalam mewujudkan jalan yang berkeselamatan bagi semua pengguna jalan.