Rapat Kerja Pembinaan dan Penilaian Usulan Program 5 Tahunan dan Tahunan, Serta Evaluasi Pelaksanaan Penyelenggaraan Jalan TA 2012 Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III Direktorat Bina Pelaksanaan Wilayah I

Oleh: Urusan Informasi Publik, Bidang Perencanaan BBPJN III

Dalam rangka peningkatan kinerja dan menindaklanjuti reformasi birokrasi yang terjadi di Kementerian Pekerjaan Umum, serta untuk mengoptimalkan penyelenggaraan Jalan Nasional, maka diselenggarakan Rapat Kerja dengan tema “Rapat Kerja Pembinaan dan Penilaian Usulan Program 5 Tahunan dan Tahunan, Serta Evaluasi Pelaksanaan Penyelenggaraan Jalan TA 2012 Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III Direktorat Bina Pelaksanaan Wilayah I”

Peserta pada rapat kerja kali ini adalah para Satuan Kerja di lingkungan Bina Pelaksanaan Wilayah I. Acara ini dilaksanakan selama dua hari berturut – turut yang berlangdung pada hari Rabu dan Kamis tanggal 6 dan 7 Juni 2012 yang dimulai pada jam 8 pagi bertempat di Aston Palembang Hotel and Conference Center.

Pada hari pertama rapat dimulai dengan sambutan Kepala BBPJN III yang pada kesempatan ini diwakili oleh Pelaksana Harian Kepala BBPJN III Bapak Ir. Ahmad Sofian Lubis, M.Si, yang selanjutnya pembukaan dan pengarahan oleh Direktur Bina Pelaksanaan Wilayah I. Masuk pada sesi pertama yaitu Pemaparan Permen PU No. 02/PRT/M/2012 tentang Pedoman Penyusunan Rencana Umum Jaringan Jalan, Permen PU No. 03/PRT/M/2012 tentang Pedoman Penetapan Fungsi Jalan dan Status Jalan, Permen PU No. 04/PRT/M/2012 tentang Tata Cara Pengawasan Jalan serta Kepmen PU No. 58/KPTS/M/2012 tentang Penerapan Kelas Jalan Berdasarkan Daya Dukung untuk Menerima Muatan Sumbu Terberat dan Dimensi Kendaraan Bermotor.

Pada Sesi kedua di hari pertama ini dilanjutkan dengan Presentasi dari :

  1. Kasatker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Prov. Bangka Belitung
  2. Kasatker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Prov. Bangka Belitung
  3. Kepala SKPD Dinas PU Prov. Bangka Belitung
  4. Kasatker Perencana dan Pengawasan Jalan dan Jembatan Prov. Bangka Belitung

Sesi ketiga hari pertama dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab, setelah presentasi dari wilayah Bangka Belitun diteruskan dengan presentasi dari :

  1. Kasatker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Prov. Bengkulu
  2. Kasatker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Prov. Bengkulu
  3. Kepala SKPD Dinas PU Prov. Bengkulu
  4. Kasatker Perencana dan Pengawasan Jalan dan Jembatan Prov. Bengkulu

Pada hari pertama acara ditutup dengan sesi diskusi dan tanya jawab dan diakhiri pada sekitar pukul 17.15 WIB.

Rapat Kerja Pembinaan dan Penilaian Usulan Program 5 Tahunan dan Tahunan, Serta Evaluasi Pelaksanaan Penyelenggaraan Jalan TA 2012 Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III Direktorat Bina Pelaksanaan Wilayah I dilanjutkan pada hari kedua, Kamis 7 Juni 2012 dengan sesi presentasi dari :

  1. Kasatker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Prov. Sumatera Selatan
  2. Kasatker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Prov. Sumatera Selatan
  3. Kepala SKPD Dinas PU Prov. Sumatera Selatan
  4. Kasatker Perencana dan Pengawasan Jalan dan Jembatan Prov. Sumatera Selatan

Setelah sesi presentasi, dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Setelah papaaran dari wilayah Sumatera Selatan, acara dilanjutkan dengan Presentasi dari :

  1. Kasatker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Prov. Lampung
  2. Kasatker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Prov. Lampung
  3. Kepala SKPD Dinas PU Prov. Lampung
  4. Kasatker Perencana dan Pengawasan Jalan dan Jembatan Prov. Lampung

Setelah itu dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Setelah sesi diskusi dan tanya jawab para peserta rapat dipersilahkan untuk melakukan Ishoma terlebih dahulu. Sekitar jam dua siang acara kembali dilanjutkan dengan Penyampaian Perencanaan Program Tahun 2013 oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III yang meliputi :

  1. Provinsi Sumatera Selatan
  2. Provinsi Bengkulu
  3. Provinsi Bangka Belitung
  4. Provinsi Lampung

Setelah seluruh peserta melakukan presentasi, acara dilanjutkan dengan Perumusan Hasil dari Rapat Kerja Pembinaan dan Penilaian Usulan Program 5 Tahunan dan Tahunan, Serta Evaluasi Pelaksanaan Penyelenggaraan Jalan TA 2012 Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III Direktorat Bina Pelaksanaan Wilayah I. Kemudian ditutup dengan Pembacaan Hasil Rakor dan Penutupan oleh Kepala Balai yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Pelaksana Harian  Kepala Balai Bapak Ir. Ahmad Sofian Lubis, M.Si.