Rapat Koordinasi Pelaksanaan Laik Fungsi Jalan Provinsi Lampung

Bandar Lampung, 31 Mei 2012

Sebagai bagian dari persiapan pelaksanaan Laik Fungsi Jalan di lingkungan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III, Bidang Perencanaan BBPJN III telah melakukan Rapat Koordinasi di Palembang, Pangkal Pinang dan pada tanggal 31 Mei 2012 dilaksanakan di Bandar Lampung.

Pada koordinasi ini juga mengundang instansi terkait lainnya selain dari lingkungan BBPJN III yaitu Dinas Perhubungan Provinsi Bandar Lampung, POLDA Provinsi Bandar Lampung, Universitas Lampung, Badan ta Kota Lingkungan Hidup Provinsi Lampung dan Dinas Tata Kota Pemerintah Daerah Bandar Lampung.

Pada rakor ini Bapak Supardi selaku mewakili Dirlantas POLDA Provinsi Lampung menyampaikan beberapa hal penting terkait dengan Laik Fungsi Jalan diantaranya data lokasi dengan tingkat kecelakaan cukup tinggi serta penyebab terjadinya kecelakaan.

Disamapaikan juga arahan dari Kepala Bidang Perencanaan Bapak Syarkowi berkenaan dengan Kebijakan Laik Fungsi Jalan sebagai dasar dilaksanakannya Laik Fungsi Jalan.

Pada paparannya Bapak Syarkowi juga menyampaikan Tata Cara Teknis Pelaksanaan Laik Fungsi Jalan sesuai dengan diatur di dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 11/PRT/M/2010 Tentang Tatacara Penetapan dan Persyaratan LFJ yang akan menjadi pertunjuk dalam pelaksanaan Laik Fungsi Jalan yang akan dilaksanakan tahun ini. Disampaikan juga mengenai bagian-bagian jalan yang juga menjadi salah satu diperhatikan dalam penilaian LFJ.

Pada pembahasan rakor ini diharapkan juga instansi terkait seperti Universitas dapat menyampaikan kepada mahasiswa tentang Laik Fungsi Jalan sebagai suatu pembekalan masyarakat yang juga bagian dari pengguna jalan.