Pengkajian Balckspot RTMC Polda Sumsel

Oleh: Urusan Informasi Publik, Bidang Perencanaan BBPJN III

Sehubungan dengan Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/261/II/2012 tanggal 9 Pebruari 2012 tentang permintaan data blackspot, Hasil Rapat persiapan pengkajian lokasi blackspot tanggal 20 Maret 2012, dan Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/677/III/2012 tanggal 29 Maret 2012 tentang jadwal pengkajian terhadap daerah rawan laka/blackspot berbasis manajemen rekayasa lalu lintas, maka Direktorat Lalu intas Kepolisian Daerah Sumatera Selatan mengadakan acara pengkajian daerah blackspot yang dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 09 April 2012.

Bertempat di Auditorium RTMC Dit. Lantas Polda Sumsel,acara ini dibuka oleh Bapak Kombes. Pol. Drs. Refdi Andri,M.Si selaku Kepala Direktorat Lalu Lintas Polda Sumsel pada pukul 13.00 WIB. Peserta berasal dari seluruh Satuan Lalu Lintas di wilayah Polda Sumsel dan juga dari BBPJN III.

Materi Penentuan dan Pengkajian Blackspot ini disajikan oleh Tim Korlantas Polri yang dibantu Tim dari Universitas Indonesia. Pengkajiannya sendiri akan dilakukan Tim tersebut bersama dengan Tim dari Satuan Lalu Lintas Polres – Polres di seluruh wilayah Polda Sumsel.

Dari laporan pengkajian, apabila ditemukan penyebab kecelakaan adalah kondisi geometrik atau perkerasan jalan maka penanganan lokasi blackspot akan direkomendasikan kepada Kementrian Pekerjaan Umum melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III. Acara rapat ditutup pada pukul 17.00 WIB.