Penyegaran Spesifikasi Teknis Edisi November 2010 Revisi I Campuran Aspal  Panas Dengan Menggunakan Asbuton dan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) dan Workshop Keselamatan Jalan dan Lingkungan Hidup Bidang Jalan

Oleh: Urusan Informasi Publik, Bidang Perencanaan BBPJN III

Bidang Perencanaan BBPJN III kembali mengadakan bimbingan teknis mengenai bidang jalan, kali ini berlangsung dua acara sekaligus pada waktu yang bersamaan. Bimbingan teknis yang pertama berjudul Penyegaran Spesifikasi Teknis Edisi November 2010 Revisi I Campuran Aspal  Panas Dengan Menggunakan Asbuton dan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) yang berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 24 – 25 April 2012. Setelah itu disusul dengan Workshop Keselamatan Jalan dan Lingkungan Hidup Bidang Jalan yang juga berlangsung selama dua hari tanggal 26 – 27 April 2012. Kedua bimbingan teknis tersebut diadakan di Hotel Tanjung Pesona, Bangka yang dibuka oleh Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasiona III, Bapak Bastian S. Sihombing.

Peserta yang diundang berasal dari beberapa Instansi terkait antara lain Dinas Perhubungan Provinsi, Bappeda, Bapedalda, Kepolisian, Dinas PU Provinsi dan Kabupaten/Kota, para staf Satuan Kerja di provinsi Kepulauan Bangka Belitung termasuk SKPD dengan para Kontraktor. Dari lingkungan P2JN Kepulauan Bangka Belitung termasuk juga mitra kerjanya yaitu Konsultan Supervisi dan Konsultan Perencana. Bidang Perencanaan juga mengundang unsur Perguruan Tinggi, yang hadir dari aktifis Universitas.

Pada acara Penyegaran Spesifikasi Teknis Edisi November 2010 Revisi I Campuran Aspal  Panas Dengan Menggunakan Asbuton dan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) diberikan beberapa materi yang disampaikan oleh para narasumber yang berkompeten di bidangnya, yaitu :

  1. Jenis – Jenis Kontrak Pelaksanaan Pekerjaan Tahun Anggaran 2012 Berdasarkan Pembebanan Tahun Anggaran (Materi disampaiakan oleh Ir. Syarkowi, M.Sc)
  2. Penggunaan Asbuton Sebagai Bahan Campuran Aspal (Materi disampaiakan Ir. Soehartono Irawan)
  3. Spesifikasi Umum dan Pelaksanaan Perkerasan Jalan Beton (Materi disampaiakan Ir. Soehartono Irawan)
  4. Pelaksanaan Perkerasan Jalan (Materi disampaiakan Ir. Iwan Hardi)

Pada sesi kedua acara yaitu yang berjudul Workshop Keselamatan Jalan dan Lingkungan Hidup Bidang Jalan juga diberikan materi – materi  yang disampaikan oleh para narasumber yang berkompeten di bidangnya, yaitu :

  1. Sosialisasi UU No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan UU No. 38 Tahun 2004 dan PP No. 34 Tahun 2006 Tentang Jalan (Materi disampaiakan oleh Ir. Syarkowi, M.Sc)
  2. Penyelenggaraan Jalan Yang Berkeselamatan dan Tata Cara dan Persyaratan Laik Fungsi Jalan (Materi disampaiakan oleh Evrillisia Rahayu, ST)
  3. Pengaturan Pengelolaan Lingkungan Hidup Bidang Jalan (Materi disampaiakan oleh Anita Sri Indrawanti , ST, MT)

Antusiasme para peserta Workshop sangat tinggi, terlihat dari jumlah peserta yang melebihi jumlah yang direncanakan. Pertanyaan, diskusi, seputar spesifikasi teknis serta keselamatan jalan dan lingkungan hidup bidang jalan menjadi pertukaran informasi dan masukan bagi instansi terkait.

Acara ditutup dengan pengarahan Kepala Bidang Perencanaan BBPJN III, Ir. Syarkowi, M.Sc. Diharapkan melalui bimbingan teknis dan workshop ini akan ada peningkatan pemahaman mengenai spesifikasi teknis yang telah direvisi serta keselamatan jalan dan lingkungan hidup bidang jalan. Tindak lanjut yang diharapkan dari bimbingan teknis dan workshop ini adalah adanya transfer of knowledge dari Peserta kepada para profesional bidang jalan dari Instansi terkait, konsultan dan Konraktor pada khususnya serta masyarakat pada umumnya.