Rapat Koordinasi Rencana Pembebasan Lahan Peruntukkan Jembatan Musi III, Underpass Simpang Patal dan Flyover Simpang Jakabaring.

Rabu, 16 Mei 2012

Rapat koordinasi dilaksanakan di Sekretariat Daerah Kota Palembang dengan dihadiri oleh Sekda Kota Palembang, Kepala Bappeda Kota Palembang, Kabag Keagrariaan, Kepala Bidang Sarana Prasarana Bappeda Provinsi Sumatera Selatan.

Pembahasan berkaitan dengan berkenaan dengan  rencana pelaksanaan pembangunan Underpass Simpang Patal, Pembangunan Jembatan Musi III Kota Palembang dan Fly Over Jakabaring Kota Palembang.

Sekda Kota Palembang membuka rapat koordinasi kemudian dilanjutkan oleh Kabid Sarana Prasarana Bappeda Provinsi Sumatera Selatan yang menyampaikan topik pembahasan :

  1. Pembangunan Jalan Tol Kayu Agung-Jakabaring-Wester Ring Road yang saat ini memasuki pelaksanaan tahun kedua oleh APBN.
  2. Flyover Jakabaring dengan APBD, tahun I Rp. 60 Milyar;
  3. Pembangunan Underpass Simpang Patal, APBN;

Menanggapi yang disampaikan oleh Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Bapak Azwar Edie dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III menyampaikan rencana Pembangunan Underpass Simpang Patal Pusri dan Rencana Jembatan Musi III yaitu Pembangunan Underpass Simpang Patal Pusri dimana panjang underpass lebih kurang 300 meter, kebutuhan lahan lebih kurang 11.200 m2 dibagi empat sudut.

Terdapat utilitas di lokasi rencana pembangunan maka sangat diharapkan sebelum konstruksi berjalan,  pemindahan utilitas, dimana telah diadakan koordinasi dengan pemilik utilitas yang pada dasarnya mereka siap untuk dipindahkan. Lokasi kegiatan berada di Kecamatan Ilir Timur 2 dan Kecamatan Kalidoni.

Berkaitan dengan pembangunan Underpass Simpang Patal disampaikan oleh Sekda Kota Palembang dari perencanaan dan persiapan yang ada maka pelaksanaan pengadaan lahan untuk kegiatan pembangunan Underpass Simpang Patal sudah dapat dimulai. Untuk utilitas Walikota akan menyampaikan kepada pemilik utilitas mengenai pemindahan utilitas.

Disampaikan juga oleh Bapak Azwar Edie berkenaan dengan rencana pembangunan Jembatan Musi III yaitu Program pembangunan Musi III saat ini pemrakarsa yaitu Kementerian PU Ditjen Bina Marga tahap penyelesaian DED 2012. Rencana Jembatan Musi III dengan jalan aksesnya yaitu sepanjang 22 KM yang merupakan jalan akses jembatan sedangkan Jembatan Musi III sendiri sepanjang 1,2 KM. Trase akan mengambil lingkar timur Palembang, jika ini terwujud maka sistem jaringan jalan Kota Palembang akan utuh.

Menanggapi hal ini Sekda Kota Palembang menyampaikan trase di pulau Kemaro sebaiknya di lahan pemerintah daerah/kota sehingga proses pengadaan lahan dapat lebih cepat dan segera dilakukan sosialisasi untuk pembebasan lahan, sehingga nantinya tidak ada resistensi.

Rapat dilanjutkan dengan Paparan dari Dinas Pekerjaan Umum berkaitan dengan rencana pembangunan Fly Over Simpang Jakabaring.

Menindaklanjuti rapat ini akan dilakukan koordinasi antara Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sumatera Selatan, Bagian Keagrarian Pemerintah Provinsi Sumsel dan P2JN Sumatera Selatan untuk rencana pengadaan lahan Underpass Kota Palembang.