Sosialisasi Implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di Lingkungan Kementerian PU

Oleh: Urusan Informasi Publik, Bidang Perencanaan BBPJN III

Sebagai upaya meningkatkan profesionalisme pelaksanaan pelayanan informasi publik kepada masyarakat sesuai dengan kaidah yang tertuang dalam Undang – Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Implementasi Keterbukaan Informasi Publik Regional I di Palembang bagi para pejabat dan petugas pelaksana kegiatan pengelolaan informasi dan dokumentasi di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum. Acara sosialisasi ini diselenggarakan pada hari Selasa, 10 – 12 April 2012 di Hotel Sintesa Peninsula yang dibuka oleh Ir. Graita Sutadi, M.Sc (Staf Ahli Menteri Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat (PPID)). Pada acara pembukaan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III, Bapak Bastian S. Sihombing.


Peserta yang diundang berasal dari beberapa Instansi  di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum antara lain yaitu Balai Diklat PU Wilayah I, II, III, VI, VII, Biro Hukum, BBPJN I, II, III, IV, BBWS di Pulau Jawa dan BWS Sumatera, dan Bidang – Bidang di Lingkungan Puskompu.

Pada acara Sosialisasi Implementasi Keterbukaan Informasi Publik Regional I di Palembang diberikan beberapa materi yang disampaikan oleh para narasumber yang berkompeten di bidangnya, antara lain yaitu :

  1. Perkembangan Implementasi Keterbukaan Informasi Publik di Lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum (Materi disampaikan oleh Ir. Waskito Pandu dan Ir. Danis Hidayat Sumadilaga, M.Eng.Sc)
  2. Peluang dan Tantangan Penerapan Undang – Undang No. 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (Materi disampaikan oleh Ahmad Alamsyah Saragih dan Siti Martini, SH, M.Si)
  3. Manajemen Permohonan Informasi Dalam Upaya Meminimalisir Sengketa Informasi (Materi disampaiakan oleh Dessy Eko Prayitno)

Berikut ini merupakan Bagan Alir (Flow Chart) Mekanisme Pelayanan Informasi Publik :

 

Antusiasme para peserta kegiatan Sosialisasi Implementasi Keterbukaan Informasi Publik Regional I di Palembang cukup tinggi, terlihat dari jumlah peserta yang aktif dalam mengjukan pertanyaan, diskusi, seputar keterbukaan informasi publik menjadi pertukaran informasi dan masukan bagi para peserta dan narasumber.  Acara ditutup dengan penyampaian kesimpulan dan pengarahan dari Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Puskompu, Dra. Etty Winarni, MM. Diharapkan melalui bimbingan kegiatan Sosialisasi Implementasi Keterbukaan Informasi Publik Regional I di Palembang ini akan ada peningkatan pemahaman mengenai keterbukaan informasi publik. Tindak lanjut yang diharapkan dari kegiatan ini adalah adanya transfer of knowledge mengenai keterbukaan informasi publik dari narasumber kepada para peserta pada khususnya serta masyarakat pada umumnya.