RAPAT KERJA ANGGOTA DPD RI DALAM RANGKA KUNJUNGAN KE BBPJN III

Oleh Info Publik Bidang Perencanaan, BBPJN III

 

Dalam rangka Kegiatan Anggota DPD RI di daerah pemilihan,  dilakukan kunjungan Anggota DPD RI dari Provinsi Sumatera Selatan antara lain Drs. Aidil Fitri Syah, MM, Hj. Asmawati, SE, MM, serta Bapak Abdul Aziz pada hari Rabu, 11 April 2012, bertempat di Ruang Rapat BBPJN III.  Rapat Kerja tentang Perkembangan Pembangunan Duplikasi Jembatan Musi II, Jembatan Musi III, dan Pelebaran Jalan di Ruas Jalan Nasional ini dibuka oleh Drs. Aidil Fitri Syah, MM yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan Program Penanganan Jalan dan Jembatan Tahun Anggaran 2012 dan 2013.

Paparan pertama mengenai Penanganan Jalan dan Jembatan Tahun Anggaran 2012 dan Rencana Penanganan Tahun Anggaran 2013 langsung oleh Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III (Bastian S. Sihombing). Dalam paparan dijelaskan masing-masing penanganan per lintas, dimana untuk Provinsi Sumatera Selatan dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu Lintas Timur, Lintas Tengah, Penghubung Lintas, dan Non Lintas. Sedangkan yang menjadi sorotan utama yaitu Lintas Timur sebagai bagian dari jalur Asian Highway.


 

Dilanjutkan paparan mengenai progress perencanaan Jembatan Air Musi III oleh Kabid Perencanaan (Ir . Syarkowi, MSc), yang menjelaskan bahwa saat ini perencanaan hampir diselesaikan oleh Direktorat Bina Teknik Ditjen Bina Marga dan rencananya Jembatan Air Musi III ini akan menjadi bagian dari jaringan lingkar luar Kota Palembang yaitu Lingkar Barat sesuai rencana Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.  Kepala Satuan Kerja Metropolitan Palembang (Ir. Aidil Fiqri, MT) memaparkan mengenai Perkembangan Pembangunan Duplikasi Air Musi II yang dimulai tahun ini, Rencana Pembangunan Underpass Simpang Patal, serta  rencana trase dan posisi Jembatan Air Musi III.

Untuk Lintas Timur dan Penghubung Lintas dijelaskan oleh Kepala Satuan Kerja Wilayah I Provinsi Sumatera Selatan (Ir. Junaidi, MT) dan Lintas Tengah oleh Kepala Satuan Kerja Wilayah II Provinsi Sumatera Selatan (Ir. Rusman, MM), yang menjelaskan secara umum mengenai progess lelang yang saat ini berjalan dan perlunya peningkatan (kapasitas dan rekonstruksi) di beberapa ruas, seperti Ruas Betung-Sekayu, Ruas Jalan antara Alang-alang Lebar ke arah KM 18, dan penanganan longsoran di Lintas Tengah.

Rapat Kerja yang berlangsung selama lebih kurang 150 menit ini ditutup oleh Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III dengan harapan hasil diskusi dalam rapat ini dapat menjadi masukan untuk Anggota DPD RI dalam mendukung perkembangan daerah dan pertumbuhan ekonomi Provinsi Sumatera Selatan.