MUSRENBANG PROVINSI SUMATERA SELATAN

Oleh Info Publik Bidang Perencanaan, BBPJN III


 

Sehubungan dengan pelaksanaan kegiatan dekonsentrasi Peningkatan Per
an Gubernur sebagai Wakil Provinsi, pada tanggal 09 – 10 April 2012 diadakan Rapat Pra Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Sumatera Selatan, bertempat di Hotel Jayakarta Daira, Palembang. Acara yang mengundang Bappeda Kabupaten/Kota, SKPD Provinsi Sumatera Selatan, dan Instansi Vertikal (termasuk Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III dan Satuan Kerja P2JN Provinsi Sumatera Selatan), dibuka oleh Dirjen Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Dr. I Made Suwandi,  MSoc.Sc).

Pada Pra Musrenbang ini hadir pula Kasubdit Ditjen Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Ir. Bachril Bakri, M.APP, Sc) yang memaparkan mengenai Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi RKPD Tahun 2013 Provinsi Sumsel dan Deputi Bidang Pengembangan Regional dan Otonomi Daerah Bappenas (Dr. Sumedi Andono Mulyo, MA) yang memaparkan Sinkronisasi dan Sinergi Penyusunan RKPD 2013 dengan tujuan memperkuat perekonomian daerah. Rapat yang dipimpin oleh Kepala Bappeda Provinsi Sumsel bertujuan untuk mencari kesepakatan mengenai lintas program dan kegiatan serta lokasinya.


 

Dari hasil Pra Musrenbangnas, kesepakatan di bawa ke Musrenbang RKPD Provinsi Sumsel pada tanggal 11-22 April 2012, bertempat di Grand Ballroom Hotel Aryaduta, Palembang. Musrenbang dibuka oleh Gubernur Sumatera Selatan (H. Alex Noerdin), lalu dilajutkan dengan sambutan dan paparan Kepala Bappenas, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian BUMN, Kementerian Kehutanan, Kepala Badan Informasi Geospasial, dan paparan dari beberapa Direktur Utama BUMN.

Pada hari kedua dilaksanakan Sidang Kelompok Teknis Musrenbang RKPD Tahun 2013 dari SKPD Provinsi/Instansi terkait di lingkungan Provinsi Sumatera Selatan yang dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu Kelompok I Bidang Pemerintahan dan Lingkungan Hidup, Kelompok II Bidang Infrastuktur, Kelompok III Bidang Sosial Budaya, dan Kelompok IV Bidang Ekonomi.  BBPJN III sebagai pembangun sarana dan prasarana infrastuktur bidang jalan, di kelompok II, diharapkan dapat menampung usulan daerah dalam pembangunan jalan nasional yang mendukung pertumbuhan perekonomian daerah. Usulan dan catatan dari daerah Provinsi Sumatera Selatan ini nantinya akan dibahas pada Pra Musrenbang Nasional tanggal 17 April 2012 di Bappenas.