Sosialisasi Pencegahan HIV dan AIDS bagi Tenaga Konstruksi

Oleh Urusan Informasi Publik Bidang Perencanaan

Pada hari Rabu, 04 April 2012 diselenggarakan Sosialisasi Pencegahan HIV dan AIDS bagi Tenaga Konstruksi yang bertempat di Hotel Swarna Dwipa Palembang. Acara ini diselenggarakan sebagai realisasi peningkatan kesadaran pencegahan HIV dan AIDS di sektor konstruksi, khususnya di wilayah Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III.

Acara ini dibuka oleh Bapak Ir. Rahman Arief Diena Putra, M.Eng mewakili Sekretaris Badan Pembinaan Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum Bapak Tri Joko Waluyo, M.Eng,Sc. Pada sesi pembukaan ini disampaikan bahwa pada tahun 2012 ini terjadi 26.483 kasus HIV dan AIDS di Indonesia. Dari data yang di dapat, terjadi peningkatan yang cukup besar dalam kurun waktu 5 (lima) tahun terakhir yaitu sebesar 200%. Sosialisasi ini juga mengundang para pekerja konstruksi yang berada di wilayah Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III, karena pekerja konstruksi merupakan salah satu kelompok masyarakat yang beresiko terkena HIV dan AIDS.

Saat ini sedang disusun Peraturan Menteri Pekerjaan Umum tentang Pencegahan HIV dan AIDS. Peraturan ini disusun yang dilatarbelakangi oleh banyaknya sektor konstruksi di Kementerian Pekerjaan Umum yang berpotensi sebagai tempat penyebaran HIV dan AIDS. Sehingga diperlukan sebuah standar yang dapat dijadikan pedoman pada proyek – proyek baik di lingkup APBN maupun APBD sehingga diharapkan mampu menjadi syarat dalam Dokumen Kontrak.

Dalam acara Sosialisasi Pencegahan HIV dan AIDS bagi Tenaga Konstruksi ini disampaiakan materi – materi yang berkaitan dengan pengetahuan tentang HIV dan AIDS, pencegahan – pencegahannya serta pengetahuan tentang sistem reproduksi manusia. Diantaranya adalah :

  1. Pencegahan HIV dan AIDS di Sektor Konstruksi (Pembicara oleh Ir. Rachman Arief Dienaputra, M.Eng)
  2. Informasi Dasar IMS, HIV dan AIDS (Pembicara oleh dr. Apri Melda, M.Kes (Dinas Kesehatan Kota Palembang))
  3. Analisa Situasi HIV dan AIDS Kota Palembang (Pembicara oleh H. Zainal UD, SI.p (KPA Kota Palembang))
  4. Penanggulangan HIV dan AIDS (Pembicara oleh Rohil Firmansyah (KPAP Sumsel))
  5. Kondom Dalam Pencagahan HIV dan AIDS (Pembicara oleh Drs. H. Najib Pradedi, MM (BKBPP))
  6. Perawatan, Dukungan dan Pengobatan pada ODHA (Pembicara oleh dr. Reza (Tim CST RSMH))

Dengan diselenggarakannya acara Sosialisasi Pencegahan HIV dan AIDS bagi Tenaga Konstruksi ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan dan cara penanggulangan terhadap penyakit HIV dan AIDS kepada para personal yang bergerak di bidang konstruksi khususnya di lingkungan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III. Serta secara umum diharapkan mampu menekan jumlah angka pertumbuhan HIV dan AIDS di Indonesia.