Fact Findings Debottlenecking Koridor Sumatera 

Oleh Tim Info Publik Bidang Perencanaan BBPJN III

Potensi Koridor Ekonomi Sumatera adalah sebagai sentra produksi dan pengolahan hasil bumi dan lumbung energi nasional. Kegiatan ekonomi ini berpusat pada pusat-pusat ekonomi yaitu Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Jambi, Palembang, Tanjungpinang, Pangkal Pinang, Padang, Bandar Lampung, Bengkulu, dan Serang. Kegiatan ekonomi utama yang memerlukan dukungan peningkatan konektivitas antara lain kegiatan ekonomi produksi kelapa sawit, karet, batu bara, besi baja, dan Kawasan Strategis Nasional (KSN) Selat Sunda.

Pada Tanggal  29- 30 Maret 2012,  bertempat di Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, dilaksanakan rapat  antara Tim Bappenas, Tim Koridor Sumatera, Sub Tim Energi, dan Kementerian Pekerjaan Umum. Rapat Fact Finding Debottlenecking Koridor Sumatera yang dipimpin Bappeda Provinsi Sumatera Selatan dan Tim Koridor Ekonomi,  membahas tentang validasi dan update dalam rangka koordinasi antara Tim Kerja Koridor Sumatera, Tim Kerja Konektivitas, dan Pemerintah Daerah terhadap daftar usulan atau rencana pembangunan infrastruktur yang ada, pembahasan kesiapan Groundbreaking di Koridor Sumatera, serta kunjungan lapangan.

Dalam rapat ini, pihak-pihak terkait dapat memberikan gambaran yang menyeluruh mengenai kemajuan dan permasalahan kegiatan yang ada di Koridor Ekonomi, kemudian identifikasi masalah tekait dengan list Program MP3EI, Update Project dan persiapan GROUNDBREAKING di Sumatera. Untuk bahasan menyangkut Penanganan Jalan, dibahas mengenai Penanganan Ruas Muara Enim-Palembang (175 km), program perencanaan pembangunan Jembatan Musi 3, Fly Over Tanjung Api-api, dan ruas-ruas untuk rencana jalan Tol.

Tanggal 30 dan 31 Maret 2012, diadakan kunjungan lapangan. antara lain: Rencana TOL ruas Palembang/Jakabaring-Jejawi- Kayu Agung (usulan Pemerintah Daerah Sumatera Selatan dalam list Kementerian Pekerjaan Umum), dan ruas Tol Palembang-Indralaya. Tinjauan selanjutnya Lingkar Barat Kota Palembang, dimana sedang ada paket Capacity Expantion dana Loan SRIP/World Bank, serta duplikasi Jembatan Musi II, yang merupakan ruas JALINTIM dalam kota dan program Fly Over Simpang Tanjung Api-Api dalam list MP3EI di ujung ruas tersebu