Musrenbang Kota Palembang Tahun 2012

Oleh Urusan Info Publik Bidang Perencanaan

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Palembang Tahun 2012 diselenggarakan pada tanggal 29 Maret 2012 bertempat di Hotel Novotel Palembang, dibuka oleh Walikota Palembang, Ir. Eddy Santana Putra, MT. Acara diikuti oleh peserta dan undangan dari Unsur Pemerintah, Unsur SKPD, Unsur Musyawarah Pimpinan Daerah, Unsur DPRD, Unsur Lembaga Swadaya Masyarakat, Tokoh Masyarakat, Perguruan Tinggi, BUMN/BUMD, dan undangan lainnya. Tema Musrenbang RKPD Kota Palembang Tahun 2012 adalah “ Dengan Musrenbang 2012, Kita Lanjutkan Pembangunan Berwawasan Lingkungan dan Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Menuju Palembang Sejahtera 2013”.

Musrenbang Kota Palembang adalah musyawarah stakeholders untuk mematangkan rancangan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) yang menitikberatkan sinkronisasi Renja antar SKPD dan masyarakat dalam pencapaian tujuan pembangunan daerah yang diamanatkan oleh UU No 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Tujuan Pelaksanaan Musrenbang ini antara lain :

–          Mendapatkan masukan untuk penyempurnaan rancangan RKPD Tahun Anggaran 2012 yang memuat prioritas pembangunan daerah, pagu indikatif pendanaan alokasi dana kegiatan yang berasal dari APBD Provinsi, APBN, dan sumber pendanaan lainnya

–          Mendapatkan rincian rancangan RKA (Satuan Kerja Perangkat Daerah) SKPD, khususnya yang berhubungan dengan pembangunan

–          Mendapatkan rincian rancangan awal kerangka regulasi menurut SKPD yang berhubungan dengan pembangunan

Sebagai Narasumber, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Perencanaan (Ir. Syarkowi, MSc) memaparkan program penanganan jalan dan jembatan tahun 2012, hasil usulan Konreg  Program tahun 2013, termasuk Duplikasi Musi II (dimulai Tahun 2012) dan Underpass Simpang Patal (rencana dimulai tahun 2013. Selain itu Kepala Satuan Kerja Metropolitan (Ir. H. Aidil Fiqri, MT) ikut memaparkan pula mengenai perencanaan Jembatan Musi III yang sudah ditunggu-tunggu warga Kota Palembang.