Peresmian Jembatan Keramasan

Oleh : Informasi Publik

Direktur Bina Pelaksanaan Wilayah I, Ir. Asep Sudarjat, MM memberikan sambutan dalam rangka  peresmian Jembatan Keramasan yang dilaksanakan pada hari Selasa, 7 Februari 2012. Pada sambutannya tersebut, beliau menjelaskan bahwa Kota Palembang sebagai ibukota Propinsi Sumatera Selatan, merupakan pusat pemerintahan dan menjadi titik sentral kegiatan bidang ekonomi.

Seiring pertumbuhan kota Palembang yang semakin pesat, sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan lalu lintas. Pertumbuhan lalu lintas yang semakin tinggi mengakibatkan kemacetan pada beberapa ruas jalan di Palembang.

Untuk itu perlu dilakukan pembangunan infrastruktur dengan penambahn kapasitas jalan yang ada, dalam rangka mengatasi kemacetan selain juga merupakan program rutin peneyelenggaraan jalan nasional Ditjen Bina Marga yang salah satunya adalah jalan lintas timur, dimana duplikasi Jembatan Keramasan dan kelak Duplikasi Jembatan Musi II berada.

 

Kegiatan pembangunan Dupilkasi Jembatan Keramasan yang saat ini telah diselesaikan pembangunannya oleh Ditjen Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum melalui tiga tahapan yaitu mulai tahun 2008 sampai dengan 2011 yang bersumber dari APBN.

Total alokasi dana pembangunan Jembatan Keramasan sebesar Rp. 82,51 milyar dengan total panjang jembatan 866 meter.

Beliau juga mengatakan bahwa Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum sebagai penyelenggara jalan nasional bahwa Duplikasi Jembatan Keramasan ini dapat memperlancar arus lalu lintas terutama lalu lintas barat Kota Palembang, dalam upaya mendukung perekonomian kota Palembang dan secara umum mendukung pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan.