Rencana Operasi Lilin 2011

19 Desember 2011

Di Mapolda Sumatera Selatan

Oleh : Sari Novrianti, Staf Bidang Perencanaan

Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Operasi Lilin 2011 merupakan operasi khusus satuan yang tidak hanya pihak kepolisian tetapi juga koordinasi dengan instansi lain seperti Dinas Perhubungan, TNI, Pertamina, Organda, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Badan Meteorologi dan Geofisika dan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III.

Rapat dipimpin oleh Wakapolda yang dihadiri oleh jajarannya yaitu Kapolres di Provinsi Sumatera Selatan dan instansi terkait termasuk Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III Bapak Ir. Syarkowi, MSc (Kepala Bidang Perencanaan). Pada pembukaan disampaikan oleh Kapolda bahwa melalui koordinasi lintas sektoral kita sinergikan pengamanan Natal 2011 dan Tahun Baru 2012 dalam rangka pelayanan prima kepada masyarakat.

Kepala OPS menyampaikan, Operasi Lilin diprioritaskan pada pengamanan Natal dimana rencana pengamanan harus sedetail mungkin dan bekerjasama dengan panitia perayaan Natal sehingga pengamanan seminimal mungkin tidak mencolok dan menimbulkan keresahan masyarakat dengan tidak mengurangi kewaspadaan terhadap segala kemungkinan.

Disampaikan oleh Kepala Bidang Perencanaan berkaitan lingkup wilayah penyelenggaraan jalan nasional Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III diantaranya jalan dari Tanjung Siapi-api masuk ke jalan menuju Bandara. Merupakan jalan nasional sedangkan jalan kearah Tanjung Siapi-api merupakan Jalan Rencana Umum Jaringan Jalan Nasional menurut SK Menteri Pekerjaan Umum Nomor : 567/KPTS/M/2010. Berkenaan dengan Jembatan Keramasan, akan dilakukan Open Traffic pada bulan Januari.

Disampaikan juga bahwa masing-masing ruas jalan nasional terdapat manajer ruas yaitu para PPK, dimana masing-masing PPK telah dilengkapi dengan alat-alat berat dan petugas penilik jalan sehingga berkenaan dengan penyelenggaraan jalan nasional terutama pelaksanaan Operasi Lilin dapat berkoordinasi dengan manajer ruas.

Diharapkan pada Operasi Lilin tahun ini dapat berlangsung dengan sukses dengan tanpa ada kejadian yang tidak kita inginkan seperti tahun lalu.