Workshop Keselamatan Jalan dan Lingkungan Hidup Bidang Jalan Palembang

31 Oktober 2011-01 November 2011

Oleh : Intan Permatasari

 

Workshop Keselamatan Jalan dan Lingkungan Hidup Bidang Jalan yang dilaksanakan di Hotel Grand Duta selama 2 (dua) hari mulai tanggal 31 Oktober 2011 sampai dengan 01 November 2011 dibuka oleh Kepala Balai BBPJN III, Bapak Bastian Sihombing yang dihadiri oleh 71 (tujuh puluh satu) orang peserta dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi dan Kota, Ditlantas, Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Provinsi dan Kota, Badan Lingkungan Hidup, Dinas Tata Kota, utusan jurusan Teknik Sipil dari beberapa Universitas di provinsi Sumsel, Kepala Satuan Kerja di lingkungan BBPJN III, HPJI, Inkindo, dan Konsultan di lingkungan BBPJN III.

 

Narasumber pertama di hari pertama dari Kepala Bidang Perencanaan BBPJN III (Ir. Syarkowi, MSc) yang memberikan paparan mengenai sosialisasi UU No. 38 Tahun 2004 dilajutkan dengan paparan sosialisasi PP No. 34 Tahun 2006. Sesi selanjutnya diisi oleh Kompol Hermanto dari Ditlantas mengenai sosialisasi UU No 22 Tahun 2009.

Hari kedua diisi oleh narasumber dari Subdit Lingkungan Hidup dan Keselamatan Jalan Bina Teknik Kementerian Pekerjaan Umum (Ir. Arief Rizaldi) mengenai Penyelenggaraan Jalan Yang Berkeselamatan serta Tata Cara dan Persyaratan Laik Fungsi Jalan. Dilanjutkan sesi berikutnya yaitu Pengaturan Pengelolaan Lingkungan Hidup Bidang Jalan yang dipaparkan oleh Anita Sri Indrawati, ST, MT dari subdit yang sama.

Acara workshop Keselamatan Jalan dan Lingkungan Hidup Bidang Jalan ini ditutup oleh Ir. Syarkowi Mansyur, MSc selaku Kepala Bidang Perencanaan BBPJN III. Dalam penutupannya beliau menarik kesimpulan bahwa semua infrastuktur jalan tidak ada artinya bila pengendara tidak disiplin. Penyelenggara Jalan harus waspada dan menaati Undang-undang lingkungan serta jasa konstruksi yang sudah mengikat kegiatan. Terakhir, diharapkan adanya kerjasama dan saling mengingatkan dari polisi, perhubungan, bina marga, dan juga dari pihak konsultan.