LOKASI RAWAN KECELAKAAN DAN PENURUNAN BADAN JALAN DI JALAN  NASIONAL.

Oleh: Syarkowi, Ir. M.Sc, Bidang Perencanaan

Dalam rangka implementasi salah satu Tupoksi Bidang Perencanaan BBPJN III yaitu Aspek Keselamatan jalan dan Lingkungan, maka pada tanggal 13-14 Oktober 2011, dilakukan Inspeksi lokasi lokasi rawan kecelakaan di ruas jalan Sungai Liat – Lumut – Belinyu.

 

Survey lokasi rawan kecelakaan tersebut berdasarkan tanda peringatan rawan kecelakaan yang ada di sepanjang jalan tersebut dimana Bidang Perencanaan bersama PPK Pangkal Pinang_ Sei Liat _ Lumut- Tanjung Gudang, Syazili, ST.MT, .Lokasi-lokasi rawan kecelakaan di Km 32-32, tikungan tajam; di km 39-40,ada tikungan yang kurang jarak pandang ; di Km 62-63, ada tikungan,. Untuk inspeksi diruas Pangkal Pinang- Sei. Liat dilakukan oleh Tim Konsultan Dit Bintek dan Konsultan BBPJN III. Untuk Ruas Pangkali Pinang-namang-Koba- Air bara- Toboali dilakukan Investigasi Black spot Tim Subdit Teknik Lingkungan & Keselamatan Jalan (TLKJ) Direktorat Bina teknik bersama Tim InDII , Australia.

 

Upaya-upaya penyempurnaan infrastruktur jalan & jembatan akan terus dilakukan seiring dengan program Uji Laik Fungsi Jalan (LFJ) mulai Oktober 2011 sampai dengan akhir tahun 2013 untuk seluruh jaringan jalan Nasional diwilayah BBPJN III ( Sumatera Selatan, Kep. Bangka-Belitung, Bengkulu dan Lampung).

 

Disamping Inspeksi rawan kecelakaan, juga Monitoring dan Evaluasi Paket-paket Kegiatan yang masih berjalan, maupun yang telah selesai.Tanda, rambu sementara di zona kerja, diperlukan penambahan jumlahnya. Bentuk, bahan dan tempat pemasangan masih perlu disempurnakan untuk mengurangi potensi kecelakaan di zona kerja.

 

Tim Konsultan BBPJN III dan Tim Konsultan Bina Teknik juga ke Direktorat lalu lintas Polda Kepulauan Bangka-Belitung, untuk Polres Bangka Tengah, Lokasi sering terjadi kecelakaan di desa Namang, Kecamatan Namang, karena tidak ada/hilang rambu-rambu peringatan juga di persimpangan jalan Kenanga Koba. Diperlukan partisipasi masyarakat untun menjaga rambu-rabu tersebut serta ketertiban pemanfaatan dan penggunaan bagian-bagian jalan yang ditunjukan dengan patok Ruang Milik Jalan (RMJ).

 

Di paket PPK Ruas jalan Koba- Air bara- Toboali- ST, MT terjadi penurunan badan jalan, untuk itu dilakukan peninjauan dan pembahasan dengan Tim Pusat Penelitian Jalan & Jembatan ( Pusjatan) Bandung, untuk mendapatkan Rekomendasi penyebab kegagalan atau terjadi penurunan badan jalan tersebut. PPK akan memasang rambu sementara untuk menghindari terjadi kecelakaan.