SOSIALISASI DAN DESIMINASI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN JALAN & UU LLAJ SERTA INSPEKSI KESELAMATAN JALAN.

Oleh: Urusan Informasi Publik, Bidang Perencanaan.

Sosialisasi dan Desiminasi PeraturanPerundang-Undangan Jasa Konstruksi dan Peraturan Lainnya yang terkait yang diselenggarakan oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga Provinsi Sumatera Selatan pada tanggal 11-12 Oktober 2011, pelaksanaannya bertempat di Gedung “PKK” Kab. Lahat.

Acara dibuka dengan kata sambutan mewakili dari Kepala Dinas PU Bina Marga Prov. Sumatera Selatan, Ir.H.A.Sjarbani Balik, MEng Sc.,serta sambutan dari Asisten II Bupati,wakil Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Musi Banyu Asin. Dalam acara tersebut dihadiri peserta dari Instansi Dinas PU Bina Marga Kabupaten Lahat; PU Cipta Karya ,Bappeda, Dinas Perhubungan, Asosiasi Perusahaan Jasa Konstruksi, Penyedia Fasilitas Utilitas, PDAM, PLN, Telkom serta dari Instansi Pemerintah dan swasta lainnya dilingkungan Kabupaten Lahat.

Materi yang disampaikan dalam acara Sosialisasi dan desiminasi tersebut yaitu Undang-Undang No. 18 Tahun 1999 tentang Jasa Konstruksi ( Jakon) oleh Ir. A. Sjarbani Balik, M.Eng Sc ( Sekretaris Dinas PU Bina Marga Prov. Sum Sel); Perpres No, 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, oleh Ir. Ismet Hariadi, MTdari Dinas PU Bina Marga Sum Sel; Peraturan-Peraturan LPJK, oeh DR. Firdaus, ST,MT ( Sekretaris DPD Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Prov. Sumatera Selatan serta Sertifikasi Tenaga Kerja Jasa Konstruksi oleh Sekretaris DPD Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia ( DPD HPJI Provinsi Sumatera Selatan), M. Yusuf Usman, M.Eng Sc.

Berkenaan acara tersebut, sesuai dengan permintaan dari Dinas PU Bina Marga Prov. Sumatera-Selatan untuk sebagai Pembicara khusus dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) III, yaitu Ir. Syarkowi, M.Sc ( Kepala Bidang Perencanaan) untuk meyampaikan Materi Undang-Undang RI No.38 Tahun 2004 dengan Peraturan Pemerintah No. 34 tahun 2006 tentang Jalan serta Undang-Undang No: 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Dalam kesempatan tersebut, juga disampaikan tentang Peraturan Menteri No; 11/PRT/M/2010 tentang Tata cara dan Persyaratan tentang LAIK FUNGSI JALAN. Pembicara khusus dari BBPJN III untuk Materi Hukum Kontrak/Pelaksanaan Kontrak yaitu Ir. Sailan Ibrahim, MM ( Kepala Bagian Tata Usaha).

Setiap sessi dilakukan Tanya  jawab, tanggapan dan permintaan dari para Peserta antara lain agar dari BBPJN III, Ditjen Bina Marga,Kementerian Pekerjaan Umum maupun Dinas PU Bina Marga Prov. Sumatera Selatan untuk dapat terus melakukan Sosialisasi/Desiminasi materi-materi seperti dalam acara ini dan teknis pelaksanaan pekerjaan dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Musi Banyu Asin. Untuk ke Bina Marga-an, dari Ditjen Bina Marga melalui Direktorat Bina Pelaksanaan Wilayah I/ Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III telah dan terus melakukan Sosialisasi dan Desiminasi seperti untuk Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Teknis lainnya dalam rangka Fasilitasi Penyelenggaran Jalan daerah sesuai Rencana Strategis ( Renstra) Bina Marga 2010-2014.

 

Dalam rangka ke Kabupaten Lahat,tanggal 10-12 Oktober 2011, Bidang Perencanaan dan Tim Konsultan BBPJN III, juga melakukan Monitoring dan Evaluasi serta Inspeksi Keselamatan jalan pada ruas jalan yang masih dalam On GOING PROJECT ataupun yang telah PROVISIONAL HAND OVER (PHO) serta EXISTING ROAD.

 

Inventarisasi lokasi-lokasi Blackspot- Blacklength serta kekurangan-kekurangan rambu, marka , guardrail. Guide post di ruas jalan atau si oprit jembatan. dalam rangka meningkatka aspek KEAMANAN & KESELAMATAN JALAN seperti diamanatkan UU Jalan dan UU No:22/2009. Tentang Lalu Lintas & Angkutan Jalan(LLAJ).

 

Ruas-ruas yang ditinjau adalah mulai dari Sp. Indralaya- Prabumulih- Simpang Belimbing- Muara Enim- Lahat- Tebing Tinggi. Juga pada ruas Lingkar Lahat yang masih dalam status STRATEGIS NASIONAL RENCANA (SNR).