RAPAT KOORDINASI KONSULTAN PERENCANAAN REGIONAL PROJECT MANAGEMENT CONSULTANT (RPMC), AUDIT KESELAMATAN JALAN (AKJ) DAN PENYUSUNAN DOKUMEN LINGKUNGAN

Oleh: Rina Windarti, ST, Staf Bidang Perencanaan

Dalam rangka untuk menyelenggarakan fungsi Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III Bidang  Perencanaan dalam pelaksanaan tupoksi Bidang  Perencanaan yaitu pengendalian program dan desain teknis jalan dan jembatan di wilayah Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Bengkulu dan Lampung dan melakukan melakukan inspeksi ruas jalan – jalan dilingkungan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III yaitu identifikasi lokasi rawan kecelakaan serta kegiatan Penyusunan Dokumen Lingkungan demi terwujudnya infrastruktur jalan yang berwawasan lingkungan maka dibentuklah konsultan sebagai pendukung tugas Bidang Perencanaan yaitu Regional Project Management Consultant (RPMC) atau Konsultan Management Proyek untuk Pengendalian Program dan Desain, Audit Keselamatan Jalan (AKJ) dan Konsultan Penyusunan Dokumen Lingkungan (PDL).

Untuk mendukung kelancaran program tersebut, maka pada hari Sabtu tanggal 8 Oktober 2011 diadakan rapat koordinasi sebagai lanjutan dari rapat-rapat koordinasi sebelumnya bertempat  di kantor Core Team Wilayah Sumatera Selatan. Rapat dihadiri oleh Kepala Bidang Perencanaan BBPJN III, Ir. Syarkowi M.Sc. Kasi Perencanaan Teknis dan Lingkungan BBPJN III, Ir. M. Aidil Fitri, M.Si. Kasi Program dan Data BBPJN III, Ir. Harunnurasyid, MT. Serta dihadiri pula oleh unsur P2JN Sumatera Selatan yaitu Ir. Marsudi, MT selaku Kepala Satuan Kerja P2JN Sumatera Selatan dan Azwar Edie ST, MT selaku PPK P2JN Metropolitan Palembang. Hadir juga perwakilan dari Regional Project Management Consultant (RPMC), Audit Keselamatan Jalan (AKJ) , Penyusunan Dokumen Lingkungan, Core Tem Wilayah Sumsel, serta konsultan pengawas wilayah Metropolitan Palembang.

Dalam pembahasan rapat, Ir. Syarkowi, M.Sc memberikan pengarahan mengenai tugas-tugas yang harus dilakukan oleh masing-masing konsultan sesuai dengan tugas dan fungsinya serta koordinasi pekerjaan dengan pihak BBPJN III Bidang Perencanaan, P2JN wilayh Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu dan Bangka Belitung serta Core Team masing-masing wilayah. Ir. Syarkowi, M.Sc juga memberikan pengarahan mengenai jadwal pelaksanaan pekerjaan dan metode pekerjaan yang dilaksanakan oleh masing-masing konsultan.

Adapun tugas-tugas Regional Project Management Consultant (RPMC) dalam mendukung tugas dan fungsi Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III antara lain sebagai berikut :

  1. Mengcompile data IRMS, BMS, database lainnya.
  2. Mendata ruas jalan nasional dan keterkaitan dengan RENSTRA 2010-2014 sesuai dengan target yang ditetapkan.
  3. Mensinkronisasi desain perencanaan jalan antar propinsi.
  4. Merekomendasikan desain dan program serta kelengkapannya untuk dokumen pengadaan.

Adapun tugas-tugas Konsultan Audit Keselamatan Jalan dalam mendukung tugas dan fungsi Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III antara lain sebagai berikut :

  1. Menginventarisasi data  daerah rawan kecelakaan, longsor seperti dari polantas, Dinas Perhubungan serta data yang diperoleh dari P2JN Wilayah BBPJN III.
  2. Mengecek BOQ Detailed Engineering Design (DED) apakah ada kekurangan atau tidak di dalam desain seperti rambu, marka jalan, patok pengarah, guadrail dan bahu jalan.
  3. Membuat rekomendasi penanganan black spot dan counter measure.
  4. Melakukan road safety audit bersama dengan pihak BBPJN III dan Bina Teknik.
  5. Pengujian laik fungsi jalan.

Adapun tugas-tugas Konsultan Penyusunan Dokumen Lingkungan dalam mendukung tugas dan fungsi Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III antara lain sebagai berikut :

  1. Menginventarisasi dokumen lingkungan yang sudah ada di P2JN wilayah BBPJN III.
  2. Rekomendasi mengenai dokumen AMDAL dan UKL-UPL.
  3.  Rekomendasi mengenai desain perencanaan jalan Bukit Manula.

Dalam pembahasan rapat juga dilaporkan mengenai progress pengawasan jalan Metropolitan dan strategi yang dilakukan untuk pencapaian target penyelesaian.

Dari hasil rapat diharapkan laporan hasil pekerjaan yang dihasilkan oleh masing-masing konsultan dapat digunakan untuk mendukung kegiatan BBPJN III pada umumnya dan Bidang Perencanaan pada khususnya. Diharapkan rekomendasi yang diberikan dapat tepat sasaran sesuai dengan tujuan dan ruang lingkup pekerjaan.