PRESENTASI DESAIN & RAPAT KORDINASI KONSULTAN SUPERVISI SNVT P2JN  PROVINSI BENGKULU

Oleh : Syarkowi,Ir, M.Sc; Kepala Bidang Perencanaan.

Presentasi Desain Relokasi Tanjakan Bukit Manula oleh PT. Dezet Engineering Consultant dan Rapat koordinasi bulanan berdasarkan undangan Kepala SNVT P2JN Provinsi Bengkulu(,.Zakaria ,ST), diadakan pada hari Kamis, tanggal 6 Oktober 2011 bertempat di Ruang rapat P2JN Bengkulu, yang dipimpin oleh Kepala Bidang Perencanaan, BBPJN III, Ir. Syarkowi, M.Sc bersama Team Paket Dokumen Lingkungan BBPJN III PT. Dianzani Engineering Consultant.

Di jelaskan oleh Asisten Perencanaan Teknis P2JN Bengkulu, Zetty  Hermilynda, ST,MT, Yang Presentasi adalah dua Team Leader Konsultan Perencana, PT.Dezet Engineering Consultant, Perencanaan Jalan pendekat Relokasi Tanjakan Bukit MANULA, perbatasan Provinsi Bengkulu dan Provinsi Lampung.

 

Lokasi Relokasi tersebut berdasarkan Surat Menteri Kehutanan RI ditujukan kepada Menteri Pekerjaan Umun No: S.022/Menhut-IV/2009, tanggal 10 Desember 2009, perihal Relokasi Badan Jalan dan Jembatan Air Manula di Taman Nasional Bukit Barisan  Selatan (TNBBS).

Berkenaan lokasi dalam TNBBS, maka beberapa hal lain yang perlu yaitu pagar pengaman untuk proteksi hutan, flora dan fauna, maka akan dibuat juga jemabatan atau lorong untuk pelintasan hewan.

Dalam pengarahan Kepala Bidang Perencanaan, menyampaikan tentang  Aspek Keselamatan jalan, Lingkungan hidup dan Mitigasi bencana. Perencanaan harus kearah konsep THE GREEN ROAD CONSTRUCTION.

Salah satu hal yaitu harus diperhatikan yaitu faktor lingkungan dan keselamatan jalan seperti  tempat istirahat ( Rest Area ) ditempat tempat berpemandangan yang indah.

Tim Desain dan Tim Dokumen Lingkungan BBPJN III bersama  unsure Satker/ PPK wilayah II/selatan  dalam koordinasi P2JN Bengkulu akan Asistensi dan Presentasi ke Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, ke Balai Besar TNBBS Lampung dan Badan Lingkungan hidup baik Provinsi Bengkulu maupun Provinsi Lampung.

 

Untuk  evaluasi paket-paket , dipandu oleh `Asisten  P2JN Bengkulu yang membahas tentang laporan kemajuan fisik sampai dengan tanggal 30  September 2011, dimana saat ini sudah banyak yang sudah selesai kontrak dan dilakukan PROVISIONAL HAND OVER ( PHO ).

Dalam rapat pembahasan, diskusi dan Tanya jawab dibahas tentang Rambu-rambu dan tanda lalu lintas, yang harus disipkan dalam Bill of Quantity ( Boq ) Dokumen lelang serta Rumput VETIVER atau AKARWANGI untuk stabilisasi lereng.

 

Jadwal pelaksanaan Tender  direncakan mulai awal November 2011, untuk itu seluruh Desain  dan Dokumen Lelang harus sudah siap bulan Oktober ini. Untuk desain yang dilaksanakan tahun-tahun sebelumnya/ stock desain akan di up date oleh Core team P2JN dan akan ada Rapat Koordinasi Evaluasi Pelaksanaan paket 2011 dan Program 2012 yang akan di lakukan Presentasi oleh P2JN bertempat di Pangkal Pinang Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung.