Road Safety Audit Workshop Program SRIP; SRIP IBRD 4834-IND/7786-ID

Oleh: Sari Novrianti, ST, MT, Staf Seksi Program& Data, Bidang Perencanaan.

Road Safety Audit Workshop Program SRIP; SRIP IBRD 4834-IND/7786-ID diselenggarakan sehubungan dengan pelaksanaan program Strategic Road Infrastructure Project (SRIP) khususnya berkaitan dengan kegiatan Road Safety Audit pada paket-paket konstruksi fisik dan juga memperhatian bahwa saat ini terdapat 12 paket  dalam pelaksanaan konstruksi.

Workshop dilaksanakan di Semarang, Hotel Horison pada tanggal 29 September 2011 s.d 01 Oktober 2011 diikuti oleh Pelaksana Jasa Konstruksi dimasing-masing paket SRIP dan khususnya dihadiri oleh Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Metropolitan Palembang (Ir. Aidil Fiqri, MT), PPK 15 Paket Palembang Western Ring Road (Ramon Massey S, ST, MT), Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III (Sari Novrianti, ST, MT) serta Purwaningtyas Widya H., ST.

Workshop dibuka oleh Ir. Herry Vaza, M.Eng.Sc dengan menyampaikan Pengantar Kebijakan terkait Penyelenggaraan Jalan dan Tertib Pemanfaatan Jalan dilanjutkan dengan Ir. Nurmala Simanjuntak, M.Eng.Sc menyampaikan Kebijakan Penyelenggara Jalan terkait Keselamatan Jalan, dan Pengantar Keselamatan Jalan (Ir. Jany Agustin, MSc). Pembicara lainnya yaitu Mike Goodge dan Ir. Agus Herudianto dengan menjelaskan Penjelasan Umum Audit Keselamatan Jalan.

 

Implementasi Road Safety kegiatan SRIP dapat dilaksanakan dengan Low Cost dimana penambahan 2 – 3 % dan untuk kegatan yang masih panjang masa pelaksanaan dapat dilakukan secara bertahap misalnya penambahan rambu-rambu. Untuk kegiatan yang sedang berlangsung dapat diusulkan sedangkan untuk rambu-rambu permanen dapat dibahas terlebih dahulu dengan Tim Road Safety Audit.

Presentasi Road Safety Audit Report yang telah dilaksanakan di 7 (tujuh) paket SRIP sedangkan Audit Road Safety untuk Kegiatan Palembang Western Ring Road rencananya akan dilaksanakan pada Minggu ke-2 Bulan Oktober.  Kunjungan lapangan meninjau Ambarawa Ring Road, beberapa rekomendasi hasil audit adalah penanganan persimpangan dan road safety pada jembatan.

Saat ini sedang disusun Rencana Umum Nasional Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Republik Indonesia menyonsong Decade of Action for Road Safety.

Road Safety merupakan suatu Kebutuhan bukan suatu kewajiban.