Rapat Pembahasan Program Penanganan Jalan Nasional TA 2012

Oleh: Sari Novrianti, ST, MT, Staf Seksi Program & Data, Bidang Perencanaan.


Dalam rangka persiapan Rapat Program TA 2012 bersama Direktorat Jenderal Bina Marga pada tanggal 14 September 2011 di Kementerian Pekerjaan Umum Jakarta, pada tanggal 9 September 2011 dilaksanakan rapat yang membahas Rencana Penanganan Jalan Nasional BBPJN III untuk Tahun Anggaran 2012 serta monitoring dan evaluasi kegiatan TA 2011.

Rapat dipimpin oleh Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III dan dihadiri oleh Kepala Bidang Perencanaan (Ir. Syarkowi, MSc), Kepala Bidang Pelaksanaan (Ir. Kgs. Syaiful Anwar, MT), Kepala Seksi Program dan Data (Ir. Harunnurrasyid), Kepala Seksi Perencanaan (Ir. Aidil Fitri), beserta staf Bidang Perencanaan.

Program Penanganan Jalan Nasional TA 2012, Provinsi Bengkulu diantaranya yaitu membahas:

  • § Pembangunan Jalan dan Jembatan Air Manula untuk tidak diprogramkan dulu, karena belum ada kejelasan lahan, desain dan dokumen lingkungan.
  • § Ruas Bintunan – Ketahun (lokasi abrasi KM 75 + 800, di jalan lama) untuk diprogramkan TA 2012.

Untuk Program Penanganan Jalan Nasional TA 2012, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sesuai dengan RKA-KL pada saat Rapat Kerja tanggal 28-29 Juli 2011.

Program Penanganan Jalan Nasional TA 2012, Provinsi Lampung diantaranya membahas :

  • Rekonstruksi/Peningkatan Jalan Pugung Tampak – Sp. Gunung Kemala sepanjang 0,25 KM, pada saat pemaketan, pekerjaan tersebut dimasukkan ke dalam Paket Pelebaran Jalan  Pugung Tampak – Sp. Gunung Kemala sepanjang 1,07 KM.
  • Pelebaran Jalan Simpang Tanjungkarang – Tanjungkarang pada saat pengadaan dijadikan satu dengan Pelebaran Jalan Jln. Malahayati (B. Lampung).
  • Ketapang – Way Jepara untuk di tinjau lagi permasalahan pembebasan lahan.
  • Bukit Kemuning – Bts. Kotabumi untuk diprogramkan pemeliharaan berkala (overlay) dan pemindahan pohon dikoordinasikan dengan pemerintah daerah.

Program Penanganan Jalan Nasional TA 2012, Provinsi Sumatera Selatan membahas :

  • Penanganan Jalan Dalam Kota Sekayu (Jln. Merdeka & Jln. Ogan) untuk ditangani cukup rutin saja, sedangkan Jalan Lingkar Kota Sekayu (Lingkar Kayu Ara) untuk diprogramkan Pemeliharaan Berkala.
  • Pemeliharaan Berkala Ruas jalan dengan panjang efektif relatif pendek seperti di Lintas Penghubung, atau penanganan longsor, pada saat pengadaan untuk menjadi satu paket kegiatan dalam satu jenis penanganan seperti pemeliharaan berkala atau paket pelebaran, karena memperhitungkan mobilisasi pada saat pelaksanaan pekerjaan yang cukup berjauhan ataupun efektifitas pelaksanaan pekerjaan.
  • Penanganan ruas-ruas jalan yaitu dengan pelebaran, diprogramkan dengan Multi Years Contract untuk sepanjang ruas dan lahan sudah harus bebas sehingga seluruh ruas dapat tercapai 7-2-7. Selain itu penanganan di ruas jalan pelebaran untuk dituntaskan “potong tegak” yaitu sampai dengan lapisan aspal bukan hanya samapai dengan agregat klas B.
  • Penanganan Jembatan juga tidak luput dari perhatian dalam penanganan seperti Jembatan Sei Lilin untuk diprogramkan Pemeliharaan Berkala TA 2012.


Dalam pembahasan Kepala Balai menyampaikan hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan program yaitu :

  1. Untuk diprogramkan gorong-gorong Armcho diganti semua.
  2. Penanganan jalan rusak berat diprioritaskan dengan perkerasan beton dan bahu diperkeras.
  3. Dalam pemaketan, pekerjaan penanganan longsor untuk menjadi bagian dari pekerjaan pemeliharaan berkala atau pelebaran.
  4. Sebagai bahan Rapat Program 2012 untuk ditambahkan aset yang ada di wilayah BBPJN III dan program Balai TA 2012.

Pada tanggal 10 September 2011, Bidang Perencanaan menindaklanjuti hasil rapat dengan Kepala Balai pada tanggal 9 September 2011, dengan melaksanakan pembahasan dengan P2JN Sumsel yaitu membahas hal-hal diantaranya hasil pembahasan rapat di Balai yaitu Lingkar Kota Sekayu (Lingkar Kayu Ara) sudah masuk dalam Rencana Umum Jaringan Jalan Nasional sehingga dipastikan dapat ditangani oleh BBPJN III.

Dalam rangka persiapan Program TA 2012 akan dilaksanakan Survei Bersama yang melibatkan semua unsur yaitu unsur Balai, Satker Pelaksanaan Jalan dan Jembatan, Satker Perencanaan dan Pengawasan Jalan dan Jembatan dan unsur PPK. Survei bersama akan dijadwalkan selama kurang lebih sebulan yaitu mulai tanggal 15 September 2011 sampai dengan 15 Oktober 2011.

Penyiapan desain TA 2012 secara simultan akan dilakukan yaitu Updating Desain yang ada untuk TA 2012 dan dilanjutkan dengan penyiapan desain hasil dari diantaranya survei bersama untuk Kegiatan TA 2012. Penyiapan desain akan dibantu oleh Tim Kelayakan Teknis Desain yang melibatkan semua unsur yaitu unsur Balai, Satker Pelaksanaan Jalan dan Jembatan, Satker Perencanaan dan Pengawasan Jalan dan Jembatan dan konsultan perencanaan.

Diharapkan nantinya desain yang disiapkan dapat maksimal sesuai dengan kondisi lapangan sehingga dalam pelaksanaan dapat dilakukan secara tepat.