Rapat Koordinasi Bulanan Konsultan Supervisi  P2JN  Provinsi  Sumatera  Selatan

Oleh : Intan Permata Sari, ST & Rina Windarti, ST, Staf Bidang Perencanaan

 

Satuan Kerja Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional ( Satker P2JN ) Provinsi Sumatera Selatan mengadakan rapat koordinasi bulanan, hal ini rutin dilakukan tiap bulan. Rapat bertempat di Ruang Aula Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) III pada hari Senin, 15 Agustus 2011.

 

Rapat diikuti oleh Bidang Perencanaan BBPJN III diwakili oleh Bapak Ir. Harrunurasyid, MT, Kasi Program dan Data dan Staf Bidang Perencanaan ( Intan Permata Sari, ST dan Rina Windarti,ST ), PPK Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional Metropolitan Palembang ( Azwar Edy,ST,MT).;Konsultan Manajemen Proyek (KMP) BBPJN III, PT. WAHANA MITRA AMERTA,; serta Core Team Provinsi Sumatera Selatan PT. JAKARTA RENCANA SELARAS, dan masing-masing Konsultan Supervisi proyek Jalan Nasional  Wilayah dan Metropolitan Palembang.

Tujuan dari diadakan Rapat Koordinasi Bulanan ini untuk mengetahui progress kemajuan pekerjaan fisik berbanding rencana pekerjaan per bulan serta untuk mengetahui kondisi dan permasalahan terbaru di lapangan baik serta kesiapan Jalur Lebaran Tahun 2011/ 1432 H, baik untuk jalan Wilayah maupun Jalan Nasional Metropolitan Palembang.

Rapat dibuka oleh Kasatker P2JN Sumsel ( Ir. Marsudi,MT), agenda rapat dimulai dari pembahasan progress kemajuan dari masing-masing paket, lalu pembahasan mengenai kendala pekerjaan fisik dilapangan, dan informasi kesiapan jalan menghadapi lebaran khususnya di jalur lintas. Kemudian dilakukan diskusi untuk mencari solusi dari permasalahan yang disampaikan tiap-tiap konsultan dan diskusi mengenai pemakaian Asbuton Berbutir pada beberapa lokasi proyek di Sumatera Selatan. Kualitas pekerjaan di lapangan juga menjadi bahan pembahasan pada rapat ini, dimana diharapkan semua konsultan Supervisi tetap menjaga kualitas pekerjaan baik dari kuantitas fisik maupun kualitas dari hasil akhir pekerjaan. Kualitas pekerjaan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan agar hasil akhir dari pekerjaan sesuai dengan apa yang tercantum dalam kontrak awal.

 

Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari rapat Koordinasi Bulanan antara lain pada H-10 menjelang lebaran Tahun 2011/1432 Hijryah, diharapkan sudah tidak ada lagi lobang dan H-7, tidak ada lagi pekerjaan major (utama) baik untuk jalan lintas ( lintas timur, lintas tengah, dan penghubung lintas) maupun yang dalam kota Palembang (Metropolitan Palembang), diperlukan koordinasi antara pihak-pihak terkait (PPK, Konsultan, dan Kontraktor) untuk terus memantau pekerjaan agar tidak mengganggu jalur angkutan lebaran Tahun 2011/1432 Hijryah.