PRESENTASI DESAIN TEKNIS,DOKUMEN LINGKUNGAN & LARAP DAN RAPAT KOORDINASI KONSULTAN SUPERVISI  P2JN PROVINSI BENGKULU.

Oleh: Urusan Informasi Publik, Bidang Perencanaan.

Dalam rangka pelaksanaan paket paket Perencanaan Teknis Jalan & Jembatan Tahun Anggaran 2011, Satker Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional ( P2JN) Provinsi Bengkulu  serta memperhatikan Surat Edaran Direktur Jenderal Bina Marga No: 04/SE/Db/2011 tanggal 28 Juli 2011 tentang Penajaman Strategi Ruas dan Peningkatan Mutu Desain, maka pada hari senin, tanggal 15 Agustus 2011 di Bengkulu diadakan Presentasi Desain Teknis Jalan & Jembatan tahun Anggaran 2011 untuk digunakan pelaksanaan fisik Tahun Anggaran 2012.

Pada acara tersebut di buka oleh Kepala Satker P2JN Provinsi Bengkulu ( Zakaria, ST), dihadiri oleh Kepala Bidang Perencanaan BBPJN III ( Ir. Syarkowi, M.Sc); Effendi Radia, ST,MT, Kepala Seksi Standar Teknik Jalan, Sub Direktorat Teknik Jalan, Direktorat Bina Teknik; Satker SNVT Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I (Bambang Eko Saputro, ST,M.Si)  dan Satker Wilayah II (Ir. Muchtar Effendy Harahap) dan para Site Engineer kedua Wilayah tersebut serta dua Team Leader Core Team P2JN Provinsi Bengkulu  wilayah I /Utara, PT. Cremonapratama Total Engineering & II/Selatan, PT. Perentjana Djaja  beserta Profesional staf dan Staf P2JN Provinsi Bengkulu.

  

Paket Konsultan Supervisi ada 11 Kontrak, yaitu Konsultan PT. Pratama Jaya Selaras; PT. Delta Tama Waja Corp; PT. Ganes Engineering Consultant; PT. Indah Karya ( Persero); PT. Bina Swarupa Asta; PT. Cremonapratam Total Engineering; PT. Adhimas Dwipantara; PT. Giritama Persada; PT. Perentjana Djaja.

Untuk kelancaran Angkutan Jalur Lebaran 2011/1432 Hijryah agar para fihak terkait pekerjaan fisik      ( PPK, Kontraktor dan Konsultan ) memperhatikan bahwa, penampalan lobang harus sudah selesai sebelum H-10, pekerjaan utama fisik harus tidak bekerja setelah H-7. Semua alat berat, bahan disingkirkan dan diadakan perapihan dan pembersihan lokasi/zona kerja untuk kelancaran dan keselamatan pengguna jalan.

 

Disampaikan oleh Kepala Bidang Perencanaan bahwa sesuai SE Dirjen No;04/SE/Db/2011, bahwa Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan SNVT P2JN agar menyusun penajaman rencana strategis penanganan ruas, dengan memperhatikan Kekuatan struktur sisa aktual; Umur Desain yang Optimum. Teknologi penanganan jalan yang sesuai dengan beban lalu lintas;, kondisi tanah,iklim,ketersediaan material lokal dan lingkungan ( green construction). Dalam men-desain harus dengan data kondisi jalan yang akurat, investigasi dengan Falling Weiht Deflectometer (FWD)/Benkelman Beam(BB), bila diperlukan; Pengujian Test Pit dan Pengujian Laboratorium; pengukuran volume lalu lintas serta faktor-faktor lain yang dianggap penting secara lokal. Kegiatan tersebut dikordinasikan oleh BBPJN dan dijadikan masukan dalam penyusunan program Tahun Anggaran 2012 – 2014.

 

Kepala Bidang Perencanaan BBPJN III, juga mengingatkan tentang Kegagalan Konstruksi dan Kegagalan Bangunan seperti diatur UU No; 18/1999 tentang Jasa Konstruksi sebagaimana di jelaskan dalam Perpres no: 54/2010 serta Permen PU No: 07/ 2011, bahwa Jasa Konsultansi ( Perencanaan/ Pengawasan Konstruksi) bertanggung jawab apabila terjadi KEGAGALAN KONSTRUKSI pada pelaksanaan pekerjaan konstruksi sesuai dengan tingkat kesalahan masing-masing, baik PPK dan/atau Penyedia. Apabila terjadi KEGAGALAN BANGUNAN maka PPK dan/atau Penyedia, terhitung sejak tanggal penandatangan berita acara penyerahan akhir, bertanggungjawab atas kegagalan bangunan sesuai dengan kesalahan masing-masing selama umur konstruksi yang tercantum dalam Syarat-syarat Khusus Kontrak (SSKK),tetapi tidak lebih dari 10 ( sepuluh) tahun.

Dalam rangka Peningkatan Mutu Desain, BBPJN III akan membentuk Tim Penilai Kelayakan Teknis Desain untuk memberikan rekomendasi kelayakan teknis desain untuk mendapatkan persetujuan Balai Besar Pelaksanaan jalan Nasional. Salah satu upaya peningkatan Mutu Desain dengan dilakukannya Presentasi produk Konsultan Perencana pada setiap tahap, tahap survey pendahuluan, laporan Interim maupun draft laporan akhir.

 

Presentasi Desain dipimpin oleh Kepala Satuan Kerja SNVT P2JN Provinsi Bengkulu ( Zakaria,ST.MT )., dibantu Asisten Teknis P2JN Bengkulu, Zetty Hermilynda, ST,MT.  Paparan oleh Team Leader Paket Desain Teknis Jalan wilayah Utara oleh PT.Minaret Kusumawadi. Presentasi selanjutnya Perencanaan Teknis Jalan Wilayah Selatan oleh Team Leader Konsultan PT. Darma Mitra Anugerah..Juga harus mensinkronkan serta memperhatikan dengan data –data pelaksanaan fisik tahun 2011 serta As Built Drawing paket fisik sesuai sejarah penanganan jalan.

 

Konsultan PT. Dezet Engineering Consultant, mempresentasikan Perencanaan teknis jalan pendekat Relokasi Bukit Manula. Diperlukan koordinasi aktif dengan fihak Taman Nasional Bukit Barisan/Balai Konservasi alam  Kementerian Kehutanan. Untuk Dokumen Lingkungan/ Study AMDAL akan dilaksanakan oleh paket Kontrak di BBPJN III Tahun Anggaran 2011.

Penyusunan UKL/UPL di Jalan Nasional Provinsi Bengkulu oleh Tim PT. Dianzani Utama Konsultan. Diminta agar Konsultan berkoordinasi aktif dengan Bapedalda Kabupaten lokasi Proyek dan Bapedalda Provinsi Bengkulu. Sedangkan Paket Penyusunan LARAP di ruas Ipuh – Bantal, Kabupaten Muko-moko, sesuai persyaratan Paket Loan WINRIP oleh Tim dari Konsultan CV. Yala Redhusa, diperlukan public hearing /rembug warga serta rapat Pleno ditingkat Kabupaten.

 

Presentasi Perencanaan teknis jembatan oleh Team Leader PT. Delta Tama waja Corpora , Konsultan harus memperhatikan As Built Drawing jembatan Existing dan koefisien factor gempa yang baru; dengan konstruksi yang tahan terhadap pengaruh air dan udara pinggir pantai Jalan Lintas Barat.

Akan dipertajam selanjutnya hasil diskusi dan Tanya jawab serta solusi serta data –data tambahan yang dibutuhkan untuk keakuratan produk desain. Akan dilakukan kembali presentasi hasil desain tersebut.