PRESENTASI DESAIN TEKNIS JALAN & JEMBATAN P2JN PROVINSI LAMPUNG.

Oleh: Urusan Informasi Publik, Bidang Perencanaan.

Dalam rangka pelaksanaan paket paket Perencanaan Teknis Jalan & Jembatan Tahun Anggaran 2011, Satker Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional ( P2JN) Provinsi Lampung  serta memperhatikan Surat Edaran Direktur Jenderal Bina Marga No: 04/SE/Db/2011 tanggal 28 Juli 2011 tentang Penajaman Strategi Ruas dan Peningkatan Mutu Desain, maka pada tanggal 12 Agustus 2011 di Bandar Lampung diadakan Presentasi Desain Teknis Jalan & Jembatan tahun Anggaran 2011 untuk digunakan pelaksanaan fisik Tahun Anggaran 2012.

 

Pada acara tersebut di buka oleh Kepala Satker P2JN Provinsi Lampung ( Subagio, ST,MT.),dihadiri oleh Kepala Bidang Perencanaan BBPJN III ( Ir. Syarkowi, M.Sc); Konsultan Manajemen Proyek ( KMP) BBPJN III yaitu Team Leader, Ir. Iwan Hardi dan Komaruddin, ST ( Pavement & Material Engineer) serta dua Team Leader P2JN Provinsi lampung wilayah I & II.

 

Disampaikan oleh Kepala Bidang Perencanaan bahwa sesuai SE Dirjen No;04/SE/Db/2011, bahwa Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan SNVT P2JN agar menyusun penajaman rencana strategis penanganan ruas, dengan memperhatikan Kekuatan struktur sisa aktual; Umur Desain yang Optimum. Teknologi penanganan jalan yang sesuai dengan beban lalu lintas;, kondisi tanah,iklim,ketersediaan material lokal dan lingkungan ( green construction). Dalam men-desain harus dengan data kondisi jalan yang akurat, investigasi dengan Falling Weiht Deflectometer (FWD)/Benkelman Beam(BB), bila diperlukan; Pengujian Test Pit dan Pengujian Laboratorium; pengukuran volume lalu lintas serta faktor-faktor lain yang dianggap penting secara lokal. Kegiatan tersebut dikordinasikan oleh BBPJN dan dijadikan masukan dalam penyusunan program Tahun Anggaran 2012 – 2014.

 

Dalam rangka Peningkatan Mutu Desain, BBPJN III akan membentuk Tim Penilai Kelayakan Teknis Desain untuk memberikan rekomendasi kelayakan teknis desain untuk mendapatkan persetujuan Balai Besar Pelaksanaan jalan Nasional. Salah satu upaya peningkatan Mutu Desain dengan dilakukannya Presentasi produk Konsultan Perencana pada setiap tahap, tahap survey pendahuluan, laporan Interim maupun draft laporan akhir.

  

Presentasi Desain dipimpin oleh Kepala Satuan Kerja SNVT P2JN Provinsi Lampung ( Subagio,ST.MT )., dilanjutkan Paparan Paket Desain Teknis Jalan Segmen ruas Sanggi- Bengkunat oleh Team Leader PT. Cipta Prakasa Utama. Presentasi selanjutnya Perencanaan Teknis dan LARAP Ruas Jalan Bengkunat – Batas Provinsi Bengkulu oleh Team Leader Konsultan PT. Tubagus Consultant. Yang harus menjadi perhatiaan ruas ruas tersebut yang melintasi patahan Semangko yang rawan longsor dan gempa, daerah Hutan Lindung; topografi yang berbukit di Jalan Lintas Barat ( jalinbar). Juga harus mensinkronkan serta memperhatikan dengan data –data pelaksanaan fisik tahun 2011 serta As Built Drawing paket fisik sesuai sejarah penanganan jalan.

 

Presentasi Perencanaan teknis jembatan yaitu jembatan Way Tenumbang dan Way Atim oleh Team Leader PT. Anugerah Kridapradana JO. , Konsultan harus memperhatikan As Built Drawing jembatan Existing dan koefisien factor gempa yang baru; dengan konstruksi yang tahan terhadap pengaruh air dan udara pinggir pantai Jalan Lintas Barat.

Akan dipertajam selanjutnya hasil diskusi dan Tanya jawab serta solusi serta data –data tambahan yang dibutuhkan untuk keakuratan produk desain. Akan dilakukan kembali presentasi hasil desain tersebut dan juga dua paket lainnya yaitu Paket Perencanaan Teknis Jalan Ruas Way Jepara – Simpang Bunut- Gd. Dalam- Sukadana dan ruas Jalan Liwa – Krui.