RAPAT KORDINASI CORETEAM P2JN BBPJN III DAN CORETEAM DINAS PU BINAMARGA PROVINSI SUMATERA SELATAN, 6 AGUSTUS 2011

Oleh: Urusan Informasi Publik, Bidang Perencanaan

Pada hari sabtu tanggal 6 Agustus 2011, jam 9.30 -13.00 di Kantor Coreteam SNVT Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN) Provinsi Sumatera Selatan, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) III dilaksanakan rapat koordinasi yang dipimpin oleh Kepala Bidang Perencanaan BBPJN III ( Ir. Syarkowi, M.Sc), dihadiri Satker P2JN ( Ir. Marsudi, MT), PPK Metropolitan Palembang P2JN Prov. Sumsel ( Azwar Edy,ST,MT), Team Leader CT P2JN ( Ir. Maratoga) dan seluruh Personil Professional staf Coreteam dan wakil dari Konsultan Manajemen Proyek ( KMP) BBPJN III serta para Site Engineer terkait.

 

Pokok bahasan yaitu persiapan bahan-bahan dalam rangka para Pejabat Bina Marga pendamping Eselon I dalam Pemantauan Kesiapan Mudik Lebaran 2011/1432 H pada tanggal 8 Agustus 2011 dari Jambi ke Palembang dan tanggal 9-10 Agustus 2011 ke arah Lampung dengan rute Jalan Lintas Timur (Jalintim).

Bahan yang disiapkan yaitu leaflet tiap paket, stripmap dan foto-foto yang menggambarkan kondisi keseluruhan ruas, lebar jalan dan jembatan, kegiatan konstruksi yang sedang dalam masa pelaksanaan, program-program yang ada menuju kondisi jalan mantap ( Kondisi Baik dan sedang). Laporan tersebut di compile untuk dijadikan laporan Dirjen Bina Marga tentang kesiapan jalan menyambut Mudik Lebaran 2011 kepada Menteri PU, Menteri Perhubungan dan Kapolri yang di kordinasikan oleh Bina Program.

Rapat juga membahas tentang masalah teknis dilapangan, juga tentang proses paket yang sudah selesai dan dilakukan Provisional Hand Over (PHO) tentang uji petik mutu/ kwalitas serta kesiapan As Built Drawing (ABD) yang diperlukan untuk pemutakhiran leger jalan. Leger jalan digunakan sebagai salah satu syarat Administrasi untuk Uji Laik Fungsi Jalan.

 

Pembahasan juga berkenaan surat Direktur Bina Pelaksanaan Wilayah I tentang usulan daftar nama-nama Anggota Tim Laik Fungsi Jalan (LFJ). Tim LFJ tiap Balai terdiri dari minimal 5 orang dengan komposisi minimal 3 orang dari Bina Marga, satu orang dari Kepolisian dan satu orang dari Perhubungan. Ketua Tim, Kepala Bidang Perencanaan masing-masing Balai, Sekretaris Tim berasal dari P2JN yang berada dilingkungan Balai. Khusus Provinsi Sumasel, untuk Jalan Wilayah, Sekretarisnya Satker P2JN, sedangkan untuk Jalan Metropolitan Palembang yaitu PPK P2JN Metropolitan Palembang. Untuk Pegawai Bina Marga yang berada dalam Satuan Kerja  Pelaksanaan Wilayah, termasuk PPK tidak boleh masuk sebagai anggota Tim LFJ tersebut.

Kepala Bidang Perencanaan menjelaskan Surat Edaran Dirjen Bina Marga No:04/SE/Db/2011, tanggal 28 Juli 2011 tentang Penajaman Strategi ruas dan Peningkatan Mutu Desain, antara lain berkenaan hal dimana para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan SNVT P2JN agar menyusun penajaman rencana strategis penanganan ruas untuk dikordinasikan oleh Balai dan akan dijadikan masukan dalam penyusunan program tahun Anggaran 2012-2014. Dalam hal peningkatan mutu Desain, maka Presentasi atau pembahasan hasil survey/ study agar melibatkan fihak-fihak terkait antara lain Direktorat Bina teknik dan Direktorat Bina Pelaksanaan Wilayah.

 

Penajaman Strategi ruas dan Mutu Desain dalam kesempatan rapat kordinasi tersebut yang dibahas khusus untuk Jalintim dari Batas Provinsi Jambi- Palembang – Batas Provinsi Lampung sepanjang lebih kurang 406 km, yang akan diprogramkan menjadi sistim Multiyears contract( MYC) tahun 2012-2013 pada segmen-segmen pelebaran jalan dari 6 m menjadi 7 m ( program 2 + 7 + 2 ) m, sepanjang 60 km serta peningkatan kapasitas  menjadi 2 x 7 m di Lingkar barat kota Metropolitan Palembang.

RAPAT KOORDINASI DAN SILATURAHMI SKPD DINAS PU BINA MARGA PROVINSI SUMATERA SELATAN.

 

Sesuai undangan KPA Perencanaan & Pengawasan Teknis Jalan Dinas PU Bina Marga Provinsi Sumatera Selatan ( Ir. Ansori AZ ) dan Team Leader Core Team SKPD Dinas PU Prov Sumsel ( Ir. Irwanto ) dari PT. Visi Teknikatama Unggul, BBPJN III diundang yang dihadiri oleh Kepala Bidang Perencanaan, sebagai Nara sumber dalam rangka Fasilitasi jalan daerah dalam Rapat koordinasi dan silaturahmi dengan para Site Engineer dilingkungan Dinas PU Bina Marga Prov. Sumsel dari jam 14.30 -17.30 di Resto River Side, Jalan Benteng Kuto Besak (BKB) dipinggir sungai Musi Palembang.

Rapat dipimpim oleh KPA, Ir. Ansori, AZ yang dihadiri oleh Kepala Bidang Pelaksanaan wilayah I Dinas PU Bina Marga Provinsi Sumsel ( Ir.H. Darwin, MM ) membahas tentang Manajemen Pengendalian dan Prosedure Operasional Pelaksanaan Kegiatan yang disiapkan oleh Team Leader Core Team SKPD Dinas PU Bina Marga , Ir. Irwanto.

Tujuan rapat yaitu Evaluasi dan Monitoring serta hal-hal yang harus diperhatikan untuk perbaikan kedepan antara lain yang dibahas:

  • Menyampaikan gagasan penerapan prosedure Administrasi dan Koordinasi dalam kaitan tatalaksana jasa Konstruksi;
  • Standar Operational Pelaksanaan ( SOP) Administrasi Proyek;
  • SOP Kaji Ulang kondisi awal lapangan Paket Kegiatan untuk perubahan rancangan sesuai kebutuhan lapangan ( Field survey Engineering) dan Justifikasi Teknis.;
  • Dan hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan pada awal proyek.

 

Dalam pembahasan dan Tanya jawab, Kepala Bidang Perencanaan BBPJN III ( Ir. Syarkowi, M.Sc) menyampaikan info tentang Peraturan- peraturan atau Ketentuan-ketentuan baru yang perlu menjadi perhatian antara lain: Perpres No: 54/2010 yang telah juga dibuat Permen No:07/2011 pengganti Permen No. 43/2007, Ketentuan dalam UU No, 22/2009 tentang Road safety yang telah diakomodir dalam Spesifikasi Edisi November 2010 berkenaan item pembayaran Rambu sementara di Zona Kerja, Aspek Keselamatan Jalan & Aspek Lingkungan, Uji Laik Fungsi Jalan, Sertifikasi Laik Operasi Asphalt Mixing Plant (AMP), Asbuton, Antistriping dan hal-hal teknis lainnya tentang Desain dan Supervisi.

 

Rapat koordinasi dan silaturahmi di tutup dengan buka bersama di Resto River Side. Rapat koordinasi dan silaturahmi selanjutnya direncanakan bersama dengan P2JN Provinsi Sumatera Selatan dalam rangka Halal Bi Halal setelah Hari Raya Idhul Fitri 1432 Hijryah.