RAKER KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM TAHUN ANGGARAN 2011

Oleh: Urusan Informasi Publik, Bidang Perencanaan

Pada tanggal 28-29 Juli 2011 di Ruang Pendopo Kementerian PU Jakarta, diadakan Rapat Kerja ( Raker ) Kementerian PU untuk Evaluasi Pelaksanaan Program Tahun Anggaran 2011 dan Persiapan Pelaksanaan Program Tahun Anggaran 2012. Dihari pertama kamis, 28 Juli 2011 diadakan siding Pleno untuk  seluruh Peserta, sedangkan hari kedua, Jumat tanggal 29 Juli 2011, Pembahasan desk untuk masing-masing Satminkal.

Tema Rapat kerja yaitu: “PERCEPATAN DAN OPTIMALISASI PELAKSANAAN PROGRAM SERTA PENINGKATAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN TA. 2011 MENUJU WTP”.,dengan lingkup rapat kerja yaitu:

  • Percepatan dan Optimalisasi Pelaksanaan Program TA 2011,
  • Peningkatan kualitas laporan Keuangan (SAK-SIMAK BMN) menuju WTP;
  • Persiapan Pelaksanaan Progran Tahun Anggaran 2012.

Dalam Penyelenggaraan Rapat kerja tersebut dihadiri Kepala Balai, Kepala Dinas PU terkait dan Satker tertentu yaitu Satker Perencanaan dan Pengendalian, Satker dengan Progres Kritis serta Satker yang terkait dengan temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

 

Hari pertama pembukaan dengan laporan Oleh Kepala Biro PKLN ( Ir. Taufik Widjoyono, M.Sc) dan dilanjutkan arahan dan pembukaan secara resmi Raker oleh Menteri Pekerjaan Umum dilanjutkan Sesi Monitoring dan Evaluasi Kinerja Pelaksanaan program 2011, yaitu paparan oleh:

  1. Wakil Menteri; Pencapaian Kinerja Pelaksanaan Program TA 2011 sesuai Sisstem Pelaporan UKP-4.
  2. Sekretaris Jenderal; Hasil Monev ( e-monitoring dan e-procurement) pelaksanaan program dan Kegiatan TA 2011.
  3. Inspektur Jenderal: Sistim Pengendalian Internal Pemerintah Menuju WTP,(Peningkatan Pelaksanaan Permen PU No.6,7 dan 8 Tahun 2008 dan Inmen PU No.2 Tahun 2011);
  4. Ka. Balitbang; Optimalisasi Pemanfaatan Produk Litbang untuk Meningkatkan kualitas Pembangunan Infrastruktur ke –PU-an dan Meningkatkan Konektifitas ke dunia usaha Jasa Konstruksi.
  5. Dirjen Penetaan Ruang: Percepatan penyelesaian RTRWN KSN dan Pembinaan/ Fasilitasi dalam rangka penyelesaian RTRW Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Sesi selanjutnya yaitu Evaluasi dan Percepatan Pelaksanaan Anggaran  2011 serta persiapan Tahun Anggaran 2012., dengan paparan berturut-turut sebagai berikut:

  • Ka. BP Konstruksi: Sosialisasi dan Penjelasan Permen PU sebagai Pedoman Pelaksanaan Perpres No. 54 Tahun 2010 dan PP No. 29 Tahun 2000 mengenai Penyelengaraan Jasa Konstruksi;
  • Dilanjutkan oleh Dirjen SDA, Dirjen BIna Marga(BM)  dan Dirjen CK dengan paparan;: Upaya Percepatan Pelaksanaan Program TA 2011 serta Persiapan Pelaksanaan Program  TA 2012.

 

Pada hari kedua jumat, 29 Juli 2011, diadakan desk serta Laporan hasil desk yang disampakai oleh masing-masing Direktur Jenderal Sumber Daya Air ( SDA), Bina Marga ( BM) dan Cipta Karya (CK). Selanjunya ditutup secara resmi oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum.