KUNJUNGAN KERJA KOMISI III DPRD PROVINSI KEPULAUAN BANGKA-BELITUNG

Oleh: Urusan Informasi Publik, Bidang Perencanaan.

Hari kamis, tanggal 14 Juli 2011,jam 14,30-selesai, sesuai surat Ketua DPRD Prov. Kepulauan Bangka-Beltung, bertempat di ruang rapat Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III, diadakan pertemuan dengan Komisi IIi DPRD Provinsi Kepuluan Bangka-Belitung,perihal Konsultansi tentang APBN 2011. Yang hadir yaitu Bapak H. Abdullah Ma’ruf (Ketua Komisi III), Bapak Syamsuhardi Syamsudin ( Wakil Ketua Komisi III), Bapak H.Rustam Mataris,S.Sos (Sekretaris Komisi III), dan para Anggota Komisi III yaitu: Didit Srigusjaya,SH ;Siswanto; Muhammad Fauzie,S.IP; A.Rachim Abbas; Antonius,ST; Yuslih Irza,SE; Muchtar Rasyid; dan Alexander Fransiscus serta Staf Komisi III,  Vergia Fioritti Nen.

Rombongan para anggota Komisi III DPRD Provinsi Kepulauaan Bangka-Belitung, didampingi oleh salah satu Kepala SNVT Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Provinsi Kepulauan Bangka- Belitung, Ir. Maximilian Abubakar,; yang berhalangan hadir Kasatker PJN Wilayah II, Ir. Salamun; Kasatker SKPD Dinas PU Prov Babel, Yopi Wijaya, ST, MM dan Ka Satker Perencanaan & Pengawasan Jalan Nasional (P2JN) Prov. Ba-Bel, Ryandra Narlan, ST,MT.

 

Pertemuan tersebut diawali perkenalan dan dilanjutkan Presentasi tentang kegiatan pelaksanaan tahun anggaran 2011 dan Program 2012 serta Program sesuai Renstra 2010-2014 oleh Kepala BBPJN III, Ir. Bastian S. Sihombing, M.Eng.Sc yang didampingi oleh Kepala Bidang Perencanaan, Ir. Syarkowi, M.Sc., Kepala Bagian Tata Usaha, Ir. Sailan Ibrahim, MM,  serta para Kepala Seksi antara lain Ir. Harunurasyid, MT ( Seksi Program dan Data) , Kepala Seksi Perencanaan Teknis & Lingkungan , Bidang Perencanaan ( Ir. Aidil Fitri),  dan staf  Bidang Perencanaan, Sari Novrianti, ST.MT. ; Amjah Jaya Saputra, ST,MT, Intan Permata sari, ST; Nirwan, SE, Kasie Sistim Pengendalian Pelaksanaan dan staf BBPJN III lainnya.

 

Dalam Presentasi, diskusi dan Tanya jawab disampaikan beberapa hal tentang Arahan RPJPN 2005-2025, Visi dan Misi serta Rencana Startegis (Renstra) Direktorat Jenderal Bina Marga/BBPJN III tahun 2010-2014. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan panjang jalan Nasional sepanjang 509,59 km,sesuai SK Menteri PU No:631/2009, kondisi mantap  89,92 %    ( Baik dan sedang ) per 31 Desember 2010, diharapkan dengan pendanaan total Fisik dan Manajemen pelaksanaan tahun 2011 sebesar  267,73 Milyar, dapat mencapai kondisi mantap diakhir tahun 93,04 %. Di programkan pencapaian kondisi ditahun 2014 sesuai Renstra tahun 2014 menjadi 96,24 % mantap, diatas target Nasional 2014 sebesar 94 %.

 

Hal lain yang dibahas yaitu tentang Manajemen Penanganan jalan Nasional, Fasilitasi jalan daerah, Penilik/ Mandor Jalan, Overloading dan dukungan Pemda untuk pembebasan lahan dan ketertiban Pembanfaatan dan penggunaan bagian-bagian jalan sesuai UU dan PP Jalan untuk kelancaran program tahunan sesuai Renstra. Komisi III DPRD Prov. Kepulauan Bangka-Belitung juga memberi masukan/kritikan dan meminta agar rambu di zona kerja agar lebih diperhatikan/ditambah untuk keselamatan pengguna jalan, juga tentang saluran/drainase di kampong/desa.

 

Pemeliharaan rutin  jalan/jembatan perlu diutamakan, seperti tambal lobang karena banyaknya lobang yang akan menimbulkan kecelakaan dan telah terjadi kecelakaan yang mempunyai konsekwensi pidana dan perdata bagi Penyelenggara jalan sesuai UU no 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya dan tentunya terhambatnya pertumbuhan ekonomi.

Penanganan jalan Nasioanl di Bengkulu dibagi 3 Wilayah Satker Fisik, yaitu wilayah I Bangka ( Ka Satker Wilayah 1,Pulau Bangka, (Ka Satker Ir.Maximillian Abu Bakar.) , dengan 3 (tiga) PPK. Untuk Wilayah 2, Pulau Belitung ( Ka satker, Ir.Salamun ) dengan 2 (dua) PPK, sedangkan SKPD dengan Atasan Langsung Kepala Dinas PU Provinsi Kep. BaBel ( Yopi Wijaya, ST,MM ) dengan satu PPK, serta satu Satker SNVT Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional ( P2JN )  Provinsi kepulauan Banka-Belitung dengan Ka Satker, Ryandra Narlan, ST, MT.

Diwaktu kedepan, Kepala BBPJN III minta diundang DPRD Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung, besama Dinas PU Provinsi Kep. BaBel untuk membahas Pelaksanaan Pemeliharaan dan Peningkatan Kapasitas/ Pembangunan Jalan & Jembatan. Kepala Balai juga akan menjelaskan juga ke Media, LSM dan Stakeholder terkait lainnya tentang tugas dan tanggung jawab Balai Besar Peleksanaan Jalan Nasional (BBPJN ) III di Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung.