SOSIALISASI JASA KONSTRUKSI INDONESIA DAN PROGRAM SERTIFIKASI KEAHLIAN

Oleh: Urusan Informasi Publik, Bidang Perencanaan.

Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Provinsi Sumatera Selatan, tanggal 7 Juli 2011 mengadakan Sosialisasi Jasa Konstruksi Indonesia di Fakultas Teknik Universitas Bina Darma Palembang yang mengundang para mahasiswa Teknik Sipil tingkat akhir sebanyak 150 orang mahasiswa dari beberapa Fakultas Teknik Universitas Swasta di kota Palembang.

Kegiatan ini yang ketiga, yang pertama tanggal 5 Juli 2011 di Fakultas Teknik, jurusan Teknik Sipil Universitas Sriwijaya, yang kedua tanggal 6 Juli 2011 di Jurusan Teknik Sipil, Polyteknik Universitas Sriwijaya, Jalan Jaksa Agung R. Suprapto Bukit Besar Palembang, masing-masing 100 orang mahasiswa Teknik Sipil tingkat akhir.

Acara Sosialisasi dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik  Universitas Bina Darma dilanjutkan sambutan Ketua LPJK-D Provinsi Sumatera Selatan. Acara Sosialisasi diisi dengan paparan tentang Undang-Undang Jasa Konstruksi (UU Jakon) no: 18 tahun 1999 serta Peraturan-Peraturan Lembaga lainnya oleh DR. Firdaus, ST,MT. dengan Moderator Ir. A.Syarifuddin, M.S.c,. Dilanjutkan dengan paparan dari masing-masing Asosiasi Profesi dengan Moderator oleh DR. Maulid M.Iqbal, MS, antara lain dari:

  • Asosiasi Ikatan Arsitek Indonesia ( IAI) oleh: Ir. Hj. Meiverina Hanum, MTArs.
  • Himpunan Ahli Teknik Hidraulik Indonesia ( HATHI), oleh Ir. A. Syarifuddin, M.Sc.
  • Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia ( HPJI ), oleh Ir. Syarkowi, M.Sc.
  • Himpunan Ahli Teknik Indonesia (HAKI), oleh: Ir. H.Imron Fikri Astira A, MS.
  • Asosiasi Profesionalis Elekterikal Indonesia ( APEI), oleh; Ir. Machmud Asinar,
  • Asosiasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja Konstruksi Indonesia ( A2K4I).

Masing-masing Pemapar menjelaskan tentang tata cara dan persyaratan untuk mendapatkan Sertifikat Keahlian ( SKA ) ataupun Sertifikat Keterampilan ( SKT ), yang merupakan suatu syarat kompetensi dalam dunia kerja Konstruksi.

Kepala Bidang Perencanaan BBPJN III, disamping menjelaskan tentang Asosiasi Profesi yang terkait dibidang Jalan & Jembatan, juga menjelaskan tentang Institusi Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) III serta jumlah paket Fisik, Perencanaan & Pengawasan Teknis serta Study/survey antara lain Dokumen Lingkungan dan Audit Keselamatan Jalan yang merupakan tempat para lulusan Teknik Sipil berkiprah didunia kerja.

Sebelum dilakukan Penutupan dan pembagian Sertifikat keikutsertaan Sosialisasi juga diadakan Tanya jawab. Pertanyaan yang cukup kritis dan baik serta atensi yang baik dari para Peserta menggambarkan potensi yang cukup baik akan keilmuan dan sikap untuk menjadi Profesional dibidangnya. Acara ini juga dihadiri dari wakil Asosiasi Perusahaan, Direktur Kontraktor dan Konsultan serta perwakilan Dosen Fakultas Teknik Universitas Swasta.