FASILITASI JALAN DAERAH- PEMBINAAN SDM KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI SUAMTERA SELATAN

Oleh: Urusan Informasi Publik, Bidang Perencanaan

Pada tanggal 6 – 7 Juli 2011, bertempat di Grand Zuri Hotel Palembang, dilakukan pembinaan Sumber  Daya Manusia ( SDM ) Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi, Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Selatan  dan juga staf Proyek APBN jalan Nasional antara lain dari P2JN dan staf Satker Fisik. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh  Subdit Sistim Pengendalian, Direktorat  Bina Pelaksanaan Wilayah I Sumatera dengan acara Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Prakontrak, Pelaksanaan Kontrak dan serah terima pekerjaan jalan provinsi, Kabupaten/Kota.

 

Acara  dibuka Kepala Bidang Pelaksanaan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi  Sumatera Selatan, Ir. Darwin, MM dan dihadiri yang mewakili Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional ( BBPJN ) III, Ir. Bastian s Sihombing, M.Eng Sc, yaitu Kepala Bagian Tata Usaha, Ir. Sailan Ibrahim, MM  dan para undangan lainnya.

 

Materi –materi yang disampaikan yaitu;

  1. Sistim Pelaporan,  oleh Ir. Julius J Sohilait, MT
  2. Fasilitasi Penyelengaraan Jalan Daerah, oleh Ir. Agusta E. Sinulingga, MT
  3. Manajemen Proyek, dengan Nara sumber: Ir. Harry Purwantara, M.Eng.Sc.
  4. Perencanaan Teknis dan Analisa harga satuan, oleh: Budianto, ST.
  5. Perencanaan Pengembangan Wilayah; oleh DR. Zefri, M.Sc
  6. Spesifikasi Teknis 2010, oleh DR. Ir.H. R.Anwar Yamin, M.Sc, MT, dari Pusjatan, Bandung.

Dalam rangka Fasilitasi jalan daerah yang merupakan salah satu Misi Direktorat Jenderal Bina marga Kementerian Pekerjaan Umum,melalui Direktorat Bina Pelaksanaan I, Wilayah Sumatera, maka dari para Peserta, diminta data-data SK Gubernur tentang Jalan Provinsi ; SK Bupati/Walikota tentang jalan Kabupaten/Kota dilengkapi Data Kondisi Jalan dan Jembatan terakhir/Semester I Tahun Anggaran 2011 serta program tahun 2012.

 

Penutupan Acara “Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Prakontrak, Pelaksanaan dan Serah Terima Pekerjaan Jalan Provinsi, Kabupaten dan Kota” oleh Kabag TU BBPJN III ( Ir. Sailan Ibrahim,MM), mewakilai Kepala BBPJN III, dihadiri oleh Kepala Bidang Prencanaan BBPJN III, Ir. Syarkowi, M.Sc dan Kepala SNVT P2JN Prov. SumSel, Ir. Marsudi, MT; yang pada intinya diharapkan agar sinergi antara program Jalan Nasional, Provinsi, Kabupaten/Kota.Untuk itu BBPJN III siap menfasilitasi tentang Keteknikan dan mendesiminasi Norma,Standar,Pedoman dan Kriteria (NSPK) untuk Penyelengaraan Jalan Daerah, sesuai Rencana Strategis ( Renstra) Bina Marga 2010-2014, salah satunya menfasilitasi jalan daerah agar tingkat kondisi  mencapai 60 % Mantap.