EVALUASI KEGIATAN TAHUN  ANGGARAN 2011 DAN RENCANA PROGRAM TAHUN ANGGARAN 2012 WILAYAH  I ( BINLAK 1 ).

Oleh: Urusan Informasi Publik, Bidang Perencanaan.

Berdasarkan undangan Direktur Bina Pelaksanaan Wilayah I Sumatera, DR. Ir. Asep Sudarjat, MM, maka pada hari Selasa tanggal 21 Juni 2011 di ruang Rapat Direktorat Bina Pelaksanaan Wilayah I, diadakan Evaluasi kegiatan tahun Anggaran 2011 dan Rencana/Program Tahun Anggaran 2012.

Rapat dibuka oleh Kepala Subdit Pengendalian Pelaksanaan Wilayah I, Ir. Agusta, MT,dan Dir ektur Bina Pelaksanaan Wilayah I berkenan memberi pengarahan dan memimpin diskusi. Rapat dihadiri oleh para Kepala Bidang Perencanaan BBPJN I ( Ir. Timbul, MT ), Kabid Ren BBPJN II dan Kabid Ren BBPJN III ( Ir. Syarkowi, M.Sc) serta para Satker P2JN Provinsi di Pulau Sumatera dan  Provinsi Kepulauan Riau dan Kepulauan Bangka-Belitung.

Pembahasan Realisasi Fisik dan Keuangan Direktorat Bina Pelaksanaan Wilayah I Tahun 2011, berdasarkan SiPP 20 Juni 2011, pukul 12.42 , Progress Fisik dan Keuangan BBPJN III lebih tinggi dari kedua BBPJN wilayah I, yaitu Realisasi Fisik 18,58 % dari rencana 12,37 % dan Realisasi Keuangan 21,36 %. Secara total untuk ketiga BBPJN Wilayah Sumatera Realisasi  Progress baru mencapai 16,24 %, diatas rencana 11,08 %, sedangkan realisasi keuangan 17,39 %. Progres tersebut diatas rata-rata Bina Marga, namun masih dibawah Wilayah Timur/Binlak 3.

Progres Ditjen Bina Marga saat ini juga masih dibawah Ditjen SDA, baru tahun ini dalam periode yang sama, untuk itu diharapkan adanya peningkatan realisasi fisik maupun keuangan.

Pembahasan juga tentang paket-paket yang belum lelang, pakeet-paket Tahun jamak /Multiyears (MYC), paket-paket Pinjaman Luar Negri/LOAN masalah dan solusinya, Hal lain yaitu Laporan Monitoring UKP-4 bulan Juni ( B 06) serta Monitoring UKP 4 tentang Penanaman pohon. Berkenaan Tim Laik Fungsi Jalan akan dilakukan On Job Training bekerjasama dengan Bina Teknik Ditjen Bina Marga ,karena  dibulan Oktober akan dimulai Uji Laik Fungsi Jalan.

Berkenaan Program tahun Anggaran 2012, prioritas penyelenggaraan jalan tahun anggaran 2012 yaitu:

Pemenuhan kebutuhan Belanja Mengikat ( Belanja Pegawai, Belanja Barang dan PNBP).

Program Preservasi (Pemeliharaan) seluruh jalan Nasional meliputi Pemeliharaan Rutin dan Berkala Jalan & Jembatan.

Pemenuhan Kebutuhan Paket-paket yang Commited (MYC dan PHLN)

Peningkatan Kapasitas Jalan:

_Rekonstruksi

-Pelebaran/Pembangunan (Lintas Utama dan Non Lintas Utama)

5. Mendukung Master Plan Percepata dan Perluasan Pembangunan Ekonomi         Indonesia (MP3EI).

BBPJN/P2JN agar membuat detail program dari hasil survey IRMS/BMS dengan dana setiap Provinsi dari hasil Musrenbangnas.