KOLOKIUM BIDANG JALAN DAN JEMBATAN DI PUSJATAN BANDUNG

Oleh: Urusan Informasi Publik, Bidang Perencanaan

Pada tanggal 21-22 Juni 2011 bertempat di Gedung Pengembangan- Puslitbang Jalan dan Jembatan, Jalan A.H. Nasution No.264, Ujung Berung Bandung, diadakan Kolokium Bidang Jalan dan Jembatan yang diisi juga dengan pameran dari lingkungan Pusjatan dan Mitra Penyedia bahan konstruksi dan Pengujian/Alat-alat Laboratorium. Bidang Jalan dan Jembatan.

Kolokium Jalan dan Jembatan dengan Tema; Pengembangan Teknologi Jalan dan Jembatan dalam rangka Optimalisasi Infrastruktur Jalan untuk Mitigasi dan Adaptasi terhadap iklim dan Peningkatan kwalitas Lingkungan.

Kolokium tersebut pada tanggal 21 Juni 2011 di buka oleh Wakil Menteri Pekerjaan Umum, DR. Ir. Hermanto Dardak, M.Sc, didampingi Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan jalan & Jembatan, DR. Ir. Jawali Marbun, MSc., dihadiri oleh peserta dari lingkungan Ditjen Bina Marga, Mitra kerja, Akademisi, Mahasiswa, Praktisi. Dari BBPJN III hadir Kepala BBPJN, Ir. Bastian S Sihombing, M.EngSc, Kepala Bidang Perencanaan ( Ir. Syarkowi, M.Sc) dan Kepala SNVT P2JN Provinsi Sumatera Selatan, Ir. Marsudi, MT pada hari keduA serta Kabid. Pengendalian Sistim Pelaksanaa, Pengujian dan Peralatan BBPJN III  Ir. Yudo Mukiarto, MT.

Sesi  umum acara Kolokium diisi dengan Pembicara khusus dari Direktorat jenderal Bina Marga, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dan Deputi Kementeria Lingkungan Hidup (KLH) serta Talk show dengan Pembicara Kepala Pusat Litbang Jalan & Jembatan, Direktorat Bina teknik, Asosiasi Aspal Beton Indonesia (AABI) serta Pusat Sosial Ekonomi dan Lingkungan (Sosekling) Balitbang.

Untuk Sesi Teknik dari Bidang 1; Jembatan dan Bangunan Pelengkap Jalan, antara lain  : Kajian dan Evaluasi penerapan Peta Gempa Indonesia 2010 terhadap kapasitas kekuatan jembatan eksisting. Untuk Bidang 2; Bahan dan Perkerasan jalan antara lain yaitu Rekayasa perkerasan jalan dengan menggunakan pasir Bono di Muara sungai Kampar Provinsi Riau.

Bidang 3; Geoteknik Jalan, salah satunya yaitu Stabilitas lereng tanah tropis tak-jenuh terhadap longsor akibat perubahan kwalitas lingkungan. Sedangkan Bidang 4; Penurunan tingkat fatalitas dari perspektif infrastruktur jalan (oleh Hery Vaza, Nurmala Simanjuntak dan Evrilillisia Rahayu),dari Sub Direktorat Teknik Lingkungan dan Keselamatan Jalan ;Lalulintas dan Lingkungan Jalan antara lain Laik Fungsi jalan pada jalan umum; jalur khusu sepeda motor di jalan Tol; Penelitian pengaruh system pengepakan terhadap kwalitas bibit rumput Vetiver serta makalah-makalah lainnya.

Pameran dan display peralatan dan bahan di ruangan dan halaman Pusjatan dengan brosur-brosur yang lengkap dari  4  (empat) Balai dilingkungan Pusjatan juga dari Mitra Pemasok bahan dan Peralatan dan Pengujian  antara lain oleh PT.Panairsan pratama,; PT. Buton Asphalt Indonesia ( BAI ); PT. Saka Technology Indonesia.