RAPAT KOORDINASI DAN PRESENTASI PROGRESS PELAKSANAAN SKPD-TP DINAS PU DAN SNVT WILAYAH, P2JN PROVINSI SUMATERA SELATAN DAN METROPOLITAN PALEMBANG.

Oleh: Urusan Informasi Publik, Bidang Perencanaan

Berdasarkan surat undangan Kepala BBPJN III tanggal 9 Juni 2011, tentang pembahasan Rapat  Progres Pelaksanaan SKPD-TP Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sumatera Selatan, SNVT dan PPK Pelaksanaan jalan Nasional Wilayah I, II dan Metropolitan Palembang,serta SNVT P2JN dan PPK P2JN Metropiltan Palembang, pada tanggal 15 Juni 2011 di ruang rapat BBPJN III, Jalan Mayor Noerdin Pandji, no 78, Km 7, Talang Buruk Palembang, dilaksanakan Paparan hasil pelaksanaan oleh masing-masing SATKER dan PPK dengan bahan paparan berupa Laporan progres fisik dan keuangan terakhir dilengkapi dengan foto-foto dan video sebelum dan setelah pelaksanaan.

 

Rapat pembahasan dari paparan para Satker/PPK yang dimulai paparan oleh Ka SNVT Pelaksanaan jalan Nasional Wilayah II Provinsi Sumatera Selatan, Ir. Sarwojoyo,MM, yang dihadiri juga oleh Kepala Subdit Wilayah I D, Direktorat Bina Pelaksanaan wilayah I, Sumatera ( Ir.Sofyan Lubis, M.EngSc) dipimpin oleh Kabid Pelaksana BBPJN III, Ir. Kgs. Syaiful Anwar. MT; dihadiri oleh Kepala Bidang Perencanaan ( Ir. Syarkowi, M.Sc) beserta para Kepala Seksi; Kabid Sistim Pengendalian Pelaksanaan, Pengujian & Peralatan, Ir. Yudo Mukiarto, MT; Kepala Bagian Tata Usaha BBPJN III ( Ir. Sailan Ibrahim,MM) serta  Kepala Seksi Pelaksanaan Wilayah I D ( Ir. Jhon Girsang, M.EngSc) dan staf Subdit Wilayah I D serta Staf BBPJN III.

Paparan Ka Satker Wilayah II, Ir.Sarwojoyo, MM; menyampaikan  secara menyeluruh tanggung jawab SNVT Wilayah II, Provinsi Sumatera Selatan, dilanjutkan Paparan oleh PPK-8, Pelaksanaan jalan Muara Beliti – Bts.Provinsi Jambi ( Afif, ST) yang bertanggung jawab terhadap 2 (dua) paket Pemeliharaan berkala jalan, 1 (satu) paket berkala Jembatan, serta 8 (delapan) paket Rutin Jalan dan 3 (tiga) paket rutin jembatan. Untuk paparan PPK-9, Ir. Emirsyah Indra, MM, Pelaksanaan jalan Muara Beliti- Lahat terdiri dari 1 (satu) paket Pemeliharaan berkala Jalan dan 1 (satu) paket Pelebaran Jalan Lingkar Lahat ( ruas Non Status) serta 5 (lima) paket Rutin Swakelola Jalan dan 1 (satu) paket Rutin Jembatan.

 

Paparan selanjutnya dari Wilayah II, disampaikan oleh PPK-10, Pelaksanaan Jalan Batas Kota Lahat-Muara Enim- Simpang Sugih Waras (Ir. Syamsu Asmidar, MT) yang bertanggung jawab terhadap 1 (satu) paket berkala jalan Bts Kota Lahat-Muara Enim ditambah 7 (tujuh) paket rutin Jalan dan 2 (dua) paket Rutin Swakelola Jembatan. Berikutnya PPK-11 (Iwan Fikri, ST,MT), Pelaksanaan Jalan Simpang Sugih Waras- Baturaja- Batas Provinsi Lampung, dengan 1 (satu ) paket berkala jalan Sp. Sugih Waras-Bts. Kota Baturaja ditambah Pembayaran Eskalasi SS-03-II ADB 2184-IND, yang FHO bulan Mei 2011     ( Kontraktor PT. Multi Struktur). PPK-11 ini juga meliputi 6 (enam) paket Rutin Swakelola jalan dan 4 (empat) Rutin Swakelola Jembatan. Paparan terakhir Wilayah II oleh PPK-12, Azhari, ST,MT; Pelaksanaan Jalan Batas kota Lahat- Pagar Alam- batas Provinsi Bengkulu, yang merupakan Jalan Nasional baru berdasarkan SK Men PU no:631,tahun 2009, ex- status jalan Provinsi dan baru penanganan dengan dana APBN tahun 2011. Tanggung jawab PPK-12 ini 1 (satu) Pemeliharaan Berkala Ruas Pagar Alam-Tanjung Sakti- Batas Bengkulu dengan 5 (lima) paket Rutin swakelola Jalan.

 

Paparan selanjutnya dari SNVT Pelaksanaan Jalan Nasional Metropolitan Palembang ( Ka Satker, Ir. Aidil Fiqri, MT), disampaikan oleh PPK-13 ( Ir. Rusman,MM ), Pelaksanaan Jalan. Kol. Barlian –Jln.Parameswara. PPK-13, ada 2 (dua) paket pelebaran jalan Kol. Barlian Kiri dan Kanan serta 2 (dua)  Pemeliharaan berkala. Untuk PPK- 5, Ir. Bismi Arief.R, Pelaksanaan Jln. Ryacudu- Jln Lingkar Selatan, dengan tanggung jawab 1(satu) paket pelebaran dari 2 lajur menjadi 4 lajur jalan Ki. Merogan, satu paket Pemeliharaan berkala jalan serta 2 paket Pemeliharaan Jembatan. Dan terakhir Ramon Massey. S, ST,MT ( PPK- 15), Pelaksanaan jln Akses Bandara – Jln Yusuf Singedekane, yang bertanggung jawab terhadap satu paket Kontrak Pemeliharaan jalan, satu paket Berkala Jembatan, Pembangunan jalan Mayjen Yusuf Singedekane dari 2 lajur menjadi 4 lajur, Duplikasi Jembatan Keramasan serta Peningkatan Jalan Palembang Western Ring Road (PWRR) dana Bank Dunia. Ketiga PPK Metropolitan tersebut juga menangani Rutin Swakelola.

 

Dari SKPD-TP Dinas PU Bina Marga Provinsi Sumatera Selatan ( KaSatker Affandi, ,M.Sc), dipaparkan oleh PPK-1,Ruas Jalan Smp. Indralaya-Prabumulih (Ir. Sofyan Choldi), dengan tanggung jawab 3 (tiga) paket Kontrak  Pemeliharaan berkala Jalan. Untuk paket Rutin Swakelola ada 2 (dua) paket Rutin Jalan serta 2 (dua) paket Rutin Jembatan. PPK-2 SKPD-TP, Eryan Gathmir, ST, untuk ruas Jalan Prabumulih – Simpang Belimbing – Muara Enim; Pemeliharaan berkala jalan 3 (tiga) paket. Paket Rutin Swakelola jalan PPK-2 ada 2 (dua) paket dan 2 (dua) paket rutin swakelola Jembatan. Konsultan Pengawas/Supervisi untuk kedua PPK yaitu PT.Mega Citra Consultant.

Dalam kesempatan pada malam hari, juga paparan secara umum disampaikan oleh Kepala Satker Wilayah I, Ir. Junaidi, MT. Selanjutnya berturut-turut oleh PPK-1 ( Ir. Rukun Sitepu), Pelaksanaan Jalan Batas Provinsi Jambi- Peninggalan, ada 3 (tiga) paket pelebaran jalan dari 6 m menjadi 7 m , 1 (satu) paket Swakelola Jalan dan satu paket Swakelola Rutin Jembatan. Paparan kedua PPK-2, Pelaksanaan Jalan Peninggalan- Sei. Lilin- Betung ( Masudi,ST) dengan satu paket Pemeliharaan Berkala jalan ditambah Rutin Jalan dan Rutin Jembatan, masing-masing 2 (dua) paket.

Selanjutnya paparan Dedy Mardansyah, ST,MT (PPK-3) dengan 1 (satu ) paket Pemeliharaan Berkala Jalan, 2 (dua) paket Pelebaran Jalan dan 1 (satu) paket Pembangunan Jalan Jaka baring- Jejawi- Kayu Agung, yang merupakan rencana alternatif jalan Lintas Timur ruas Palembang-Indralaya- Kayu Agung, di tambah tugas Rutin swakelola Jalan  2 (dua) paket dan 2 (dua) paket Rutin Jembatan.

Untuk paparan PPK-4, Ir. Demsi Saad, MT, Pelaksanaan Jalan Bts Kota Palembang-Sp. Indralaya- Sp. Penyandingan, ada 4 (empat) paket Pemeliharaan Jalan,salah satunya ruas Celikah- Kayu Agung (Jalan non Status) dan 4 (empat) paket Pelebaran jalan dari 6 m menjadi 7 m, sedangkan paket Rutin swakelola Jalan ada 9 (smbilan) dan satu Rutin Swakelola Jembatan. Paparan berikutnya oleh PPK-5 ( Ir. A.Darwis, MM), Pelaksanaan jalan Sp. Penyandingan- Batas Provinsi Lampung, dengan paket Pelebaran jalan 4 (empat) paket, satu Berkala Jembatan serta Rutin swakelola Jalan dan Rutin  Jembatan masing-masing satu paket. Untuk paparan PPK-6, Pelaksanaan jalan Kota Sekayu- Mangunjaya- Batas Kabupaten Muba/Mura (Ir. Hidayat), ada 2 (dua) Pemeliharaan berkala jalan, Rutin Swakelola jalan ada 5 (lima) serta 2 (dua) Rutin swakelola Jembatan. Paparan terakhir SNVT Wilayah I, Ir. Rifat Syakir, MT (PPK-7), Pelaksanaan Jalan Batas kabupaten Muba/Mura- Muara Beliti berkenaan satu paket Pemeliharaan Berkala serta satu paket rutin swakelola Jalan dan satu rutin Swakelola Jembatan.

 

Selanjutnya paparan dari, Ir. Marsudi, MT, Kepala SNVT P2JN Provinsi Sumatera Selatan dan PPK P2JN Metropolitan Palembang (PPK, Azwar Edi, ST,MT), berkenaan paket-paket tahun 2011 yang terdiri dari Paket Perencanaan Teknis Jalan 5 (lima) paket,Perencanaan Jembatan/Flyover/Underpass dengan UKL/UPL nya  satu paket,, paket Pengawasan Jalan 16 (enam belas ) paket, Supervisi Jembatan 3 (tiga) paket. Untuk Pemutkhiran Leger Jalan 2 (dua) paket. Ada study AMDAL  satu paket serta Survey kondisi jalan dan Jembatan ( IRMS dan BMS ) serta issue-issue strategis program 2012.

 

Hal-hal yang perlu menjadi perhatian semua fihak, dari pengarahan  Kasubdit Wilayah I D, Kepala Bidang Pelaksanaan (Ir. Kgs. Syaiful Anwar, MT), Kepala Bidang Perencanaan (Ir. Syarkowi, M.Sc) ,Kepala bidang Sistim Pengendalian Pelaksanaan, Pengujian & Peralatan( Ir.Yudo Mukiarto,MT) dan Kabag TU BBPJN III ( Ir. Sailan Ibrahim,MM), dari paparan Ka satker dan para PPK serta dari Tanya jawab, diskusi dan solusi antara lain sebagai berikut:

  • Para Satker/PPK harus lebih mengoptimalkan lagi progres fisik lapangan sesuai dengan progress keuangan terutama Rutin Swakelola tanpa mengabaikan mutu pekerjaan.
  • Laporan kemajuan penambalan lobang, dilaporkan per 2 minggu dengan format yang standar dari Balai, sama untuk 4 Provinsi dibawah Koordinasi Kabid. Pelaksanaan.
  • Pelaksanaan paket Kontraktual maupun Rutin Swakelola, baik Satker wilayah maupun SKPD harus dengan standar yang sama, karena semua sama Jalan Nasional.
  • Semua lobang harus tertutup aspal/patching sebelum bulan puasa/akhir Juli sesuai dengan kontrak Kinerja, jalan fungsional untuk Jalur Angkutan Lebaran.
  • Laporan kondisi jalan dan jembatan sesuai kontrak Kinerja per 3 bulan dari satker fisik., P2JN per 6 bulan, dengan data survey yang akan di validasi Balai sebagai bahan program 2012.
  • Untuk penajaman Program tahun anggaran 2012 harus memperhatikan rutin dan berkala Jembatan sesuai jumlah dan panjang jembatan  di wilayah SNVT masing-masing.
  • Analisa Mengenai Dampak Lingkungan ( AMDAL) untuk paket-paket Metropolitan yang telah ada feasibility study diprogramkan oleh PPK P2JN Metropolitan Palembang.
  • Pengawasan Masyarakat ( Wasmas) semakin besar, untuk itu harus menjadi perhatian pokok tentang mutu, BBPJN akan secara random mengadakan Audit mutu.
  • Progres fisik per 31 Mei 2011 =12,70 % dan progress keuangan = 16.86 %, untuk seluruh BBPJN III masih perlu ditingkatkan, karena waktu terpakai Tahun Anggaran 2011 hampir 50 %, walau progress BBPJN III tersebut diatas rata-rata Nasional.
  • Administrasi kontrak, back-up data, quantity dan quality control  harus sesuai dengan Kontrak, Spesifikasi Teknis Edisi November 2010.
  • Aspek Lingkungan, dengan Rencana Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan (RPPL) harus diperhatikan seperti debu yang disiram oleh penduduk.
  • Aspek keselamatan jalan juga harus diutamakan sesuai amanat UU No:22/2009 dengan rambu-rambu di zona kerja yang cukup.
  • Dan hal-hal teknis lainnya.

Rapat koordinasi dan paparan dari para Satker/PPK Fisik Wilayah I &II, P2JN termasuk SKPD untuk Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung (Babel) akan diadakan  pada hari Jum’at tangal 17 Juni 2011 di Tanjung Pandan, Belitung.