RAPAT KOORDINASI DAN PRESENTASI PROGRES PELAKSANAAN SKPD-TP DINAS PU DAN SNVT WILAYAH, P2JN PROVINSI KEPULAUAN BANGKA-BELITUNG.

Oleh: Urusan Informasi Publik, Bidang Perencanaan

Berdasarkan surat undangan Kepala BBPJN III tanggal  9  Juni 2011, tentang pembahasan Rapat  Progres Pelaksanaan SKPD-TP Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung, SNVT dan PPK Pelaksanaan jalan Nasional Wilayah I Bangka, Wilayah II Belitung serta SNVT P2JN, tanggal 16 Juni _17 Juni 2011 di ruang rapat Hotel Belliton Tanjung Pandan Belitung, dilaksanakan Paparan hasil pelaksanaan oleh masing-masing SATKER dan PPK dengan bahan paparan berupa Laporan progres fisik dan keuangan terakhir dilengkapi dengan foto-foto dan video sebelum dan setelah pelaksanaan.

Rapat koordinasi dan pembahasan dari paparan para Satker/PPK yang dibuka dan doa oleh Ka Satker Wilayah II Belitung, Ir. Salamun. Pengarahan dalam Rapat koordinasi pada tanggal 16 Juni 2011 tersebut oleh Direktur Pelaksana Wilayah I Sumatera diwakili oleh Kepala Subdit Wilayah I D, Direktorat Bina Pelaksanaan wilayah I,( Ir.Sofyan Lubis, M.EngSc) serta pengarahan mewakili Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III diwakili oleh Ir. Sailan Ibrahim, MM, Kepala Bagian Tata Usaha BBPJN III. Paparan para Satker/PPK dipimpin oleh Kabid Pelaksanaan BBPJN III, Ir. Kgs. Syaiful Anwar. MT; dihadiri oleh Kepala Bidang Perencanaan ( Ir. Syarkowi, M.Sc) beserta para Kepala Seksi; Kabid Sistim Pengendalian Pelaksanaan, Pengujian & Peralatan, Ir. Yudo Mukiarto, MT; serta  Kepala Seksi Pelaksanaan Wilayah I D ( Ir. Jhon Girsang, M.EngSc) dan staf Subdit Wilayah I D dan staf SNVT.

 

Paparan Ka Satker Wilayah II Belitung,”Negeri Laskar Pelangi” Ir.Salamun; menyampaikan  secara menyeluruh tanggung jawab SNVT Wilayah II, Provinsi Kep. Bangka-Belitung, dilanjutkan Paparan pertama oleh PPK-5, Pelaksanaan jalan Simpang Renggiang-Manggar (Ir. M.Diantoro Murod,MM) yang bertanggung jawab  2 (dua) paket Pelebaran jalan, serta 7 (tujuh) paket Rutin Jalan dan 1 (satu) paket rutin jembatan.

 

Paparan selanjutnya dari Wilayah II, disampaikan oleh PPK-4, Pelaksanaan Jalan Tanjung Ru- Junction- Tanjung Tinggi ( Dadi Muradi, ST,MT), dengan 4 (empat ) paket pelebaran jalan Tanjung Pandan- Junction- Tanjung Kelayang- Tanjung Tinggi,yang merupakan jalan Nasional baru sesuai SK no:631/2009  dan baru tahun 2011 didanai APBN. Pelebaran jalan dalam rangka mendukung Pariwisata dan yang even terdekat “Sail Waktobi – Belitong 2011”. Tanggung jawab PPK-4 juga terhadap 5 (lima) paket Rutin Swakelola Jalan.

 

Dari SKPD-TP Dinas PU Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung (Yopi Wijaya,ST,MM), dipaparkan oleh PPK-6,Ruas Tanjung Kelian-Ibul-Batas Kota Pangkal Pinang (Bariansyah Saputra,ST),dengan tanggung jawab 4 (empat) paket Kontrak  Pemeliharaan Berkala Jalan, dan 1 ( satu) paket Peningkatan Struktur jalan Ibul-Kelapa dengan 3 (tiga ) paket Konsultan Supervisi, yaitu CV. Lagadar, PT. Malta satya Utama dan PT. Bangun Bina Karya. Untuk paket Rutin Swakelola ada 10 (sepuluh) paket Rutin Jalan.

Kunjungan kelapangan diadakan setelah paparan tiga SNVT diatas. Dari tinjauan lapangan paket “ Sail Wakatobi – Belitong 2011”, hal yang perlu lebih diperhatikan lagi inlet dan outlet drainase, Aspek lingkungan sesuai Rencana Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan (RPPL) serta penambahan rambu/tanda peringatan pengamanan lalu lintas di Zona kerja.

 

Pada kesempatan rapat kordinasi dan paparan progress, pada malam hari diadakan Pembahasan lanjutan Justifikasi Teknis oleh Tim Pembahas Teknis (TPT) BBPJN III untuk 4 (empat) paket-paket pelebaran jalan Tanjung Pandan- Juction-Tanjung Kelayang- Tanjung Tinggi. Pembahasan ini setelah diadakan pembahasan oleh Panitia Peneliti Pelaksanaan Kontrak (PPPK) masing-masing Kontrak. Tim dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Kepala BBPJN III, No: 148/KPTS/BU.III/IV/2011 tanggal 7 April 2011, tentang Pembentukan Tim Pembahas Teknis Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III ( Provinsi Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka-Belitung, Bengkulu dan Lampung ) Tahun Anggaran 2011.

 

Pengarahan dari Kepala BBPJN III ( I. Bastian S Sihombing, M.EngSc) pada hari kedua tanggal 17 Juni 2011. Pada hari kedua tanggal 17 Juni 2011, juga paparan secara umum disampaikan oleh Kepala Satker Wilayah I, Bangka ( Ir.Maximillian Abu Bakar). Selanjutnya berturut-turut oleh PPK-1 ( Muhammad Syazili, ST,MT), Pelaksanaan Jalan Tanjung Gudang- Sei.Liat- Batas Kota Pangkal Pinang, ada 2 (dua) paket pelebaran jalan, 1 (satu) paket Pemeliharaan Berkala jalan dan 2 (dua) paket Rutin Swakelola Jalan dan 3(tiga) paket Swakelola Rutin Jembatan.

 

Paparan PPK-2; M, Suaidi, ST, .Pelaksanaan jalan Batas Kota Pangkal Pinang- Koba- Air Bara, terdiri dari 1 (satu) Pemeliharaan Berkala  Jalan Depati Ukur/Jalan Mentok Kota Pangkal Pinang; 3 (tiga) paket Pelebaran jalan Namang-Koba. Pada paket ini dibuat “Rest Area” dipinggir pantai. Paket kontrak fisik lainnya yaitu 1 (satu) paket Pelebaran Jembatan A. Nibung I, II dan III. Sedangkan paket Rutin Swakelola terdiri dari 7 (tujuh) paket jalan dan 1 (satu) paket Rutin Jembatan.

Selanjutnya paparan Nuraini, ST,MT (PPK-3) dengan 1 (satu ) paket Rekonstruksi Jalan, 2 (dua) paket Pelebaran Jalan  di tambah tugas 2 (dua) paket Rutin swakelola Jalan.

Ryandra Narlan, ST, MT, Kepala SNVT P2JN Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung, paparan berkenaan paket-paket tahun 2011 yang terdiri dari 1 (satu) paket Core Team yang akan mengkoordinir pelaksanaan pekerjaan Konsultan di P2JN. Untuk Paket Perencanaan Teknis Jalan 2 (dua) paket, Perencanaan Teknis pelebaran jembatan 2 (dua) paket,, paket Pengawasan Jalan 5 (lima ) paket, Untuk Supervisi Jembatan 1 (satu) paket. Untuk Pemutkhiran Leger Jalan 2 (dua) paket ditambah satu paket pemasangan Patok Kilometer. Ada study UKL/UPL 4 (empat) paket serta Survey kondisi jalan dan Jembatan ( IRMS dan BMS ) serta disampaikan issue-issue strategis program 2012.

Hal-hal yang perlu menjadi perhatian semua fihak dari pengarahan, Direktur Pelaksana Wilayah I yang diwakili Kasubdit Wilayah I D dan dari Kepala BBPJN III serta dari paparan Ka Satker dan para PPK serta dari Tanya jawab, diskusi dan solusi antara lain sebagai berikut:

  • Semua fihak harus memperhatikan Instruksi Dirjen Bina Marga dan Ka Balai, “Tiada kompromi terhadap Mutu”, baik untuk Mutu pekerjaan, Pengawasan dan Administrasi/ Pelaporan.
  • Para Satker/PPK harus lebih mengoptimalkan lagi progres fisik lapangan sesuai dengan progress keuangan terutama Rutin Swakelola tanpa mengabaikan mutu pekerjaan.
  • Laporan kemajuan penambalan lobang,dilaporkan per 2 minggu dengan format yang standar dari Balai, sama untuk 4 Provinsi dalam Koordinasi Kabid. Pelaksanaan.
  • Pelaksanaan paket Kontraktual maupun Rutin Swakelola, baik Satker Wilayah maupun SKPD harus dengan standar yang sama, karena semua sama Jalan Nasional.
  • Semua lobang harus tertutup aspal/patching sebelum bulan puasa/akhir Juli sesuai dengan kontrak Kinerja, jalan fungsional untuk Jalur Angkutan Lebaran.
  • Laporan kondisi jalan dan jembatan sesuai kontrak Kinerja per 3 bulan dari satker fisik., P2JN per 6 bulan, dengan data survey yang akan di validasi Balai sebagai bahan program 2012.
  • Untuk penajaman Program tahun anggaran 2012 harus memperhatikan rutin dan berkala Jembatan sesuai jumlah dan panjang jembatan  di wilayah SNVT masing-masing.
  • Pengawasan Masyarakat ( Wasmas) semakin besar,untuk itu harus menjadi perhatian pokok tentang mutu, BBPJN akan secara random mengadakan audit mutu.
  • Progres fisik per 15 Juni 2011 =16,40 % dan progress keuangan = 20,29 %, untuk seluruh BBPJN III masih perlu ditingkatkan, karena waktu terpakai Tahun Anggaran hampir 50 %, walau progress tersebut diatas rata-rata Nasional.
  • Administrasi kontrak, back-up data, quantity dan quality control  harus sesuai dengan Kontrak, Spesifikasi Teknis Edisi November 2010.
  • Aspek Lingkungan, dengan Rencana Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan (RPPL) harus diperhatikan seperti debu, air tergenang, dan lain-lain.
  • Aspek keselamatan jalan juga harus diutamakan sesuai amanat UU No:22/2009 dengan penambahan rambu-rambu di zona kerja yang cukup.
  • Dan hal-hal teknis lainnya.