PRESENTASI LANJUTAN PROGRESS PELAKSANAAN SKPD-TP DINAS PU, PPK-5 WILAYAH II PROVINSI BENGKULU DAN PPK-5 WILAYAH I PROVINSI LAMPUNG.

Oleh: Urusan Informasi Publik, Bidang Perencanaan

Berdasarkan surat undangan Kepala BBPJN III tanggal 9 Juni 2011, tentang pembahasan Rapat lanjutan Progres Pelaksanaan SKPD-TP Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bengkulu dan PPK-5 Pelaksanaan jalan Nasional Wilayah II Bengkulu, merupakan tindak lanjut hasil rapat pembahasan progres pelaksanaan Provinsi Bengkulu, tanggal 01 Juni 2011 di ruang rapat BBPJN III, Jalan Mayor Noerdin Pandji, no 78, Km 7, Talang Buruk Palembang,maka pada tanggal 13 Juni 2011 dilaksanakan Paparan hasil pelakasanaan oleh masing-masing PPK dengan bahan paparan berupa Laporan progres fisik dan keuangan terakhir dilengkapi dengan foto-foto dan video sebelum dan setelah pelaksanaan.

 

Rapat pembahasan dari paparan para PPK yang dimulai paparan oleh Ka SNVT Pelaksanaan jalan Nasional Wilayah II Provinsi Bengkulu, Ir. Muhtar Effendy Harahap,yang dihadiri juga oleh Kepala BBPJN III ( Ir. Bastian S Sihombing, M. EngSc), dipimpin oleh Kasubdit Wilayah I D, Direktorat Bina Pelaksanaan wilayah I,Sumatera ( Ir.Sofyan Lubis, M.EngSc) dihadiri Kabid Pelaksana BBPJN III,Ir. Kgs. Syaiful Anwar. MT;Kepala Bidang Perencanaan ( Ir. Syarkowi, M.Sc); Kabid Sistim Pengendalian Pelaksanaan, Pengujian & Peralatan, Ir. Yudo Mukiarto, MT;Satker SNVT P2JN Provinsi Bengkulu ( Zakaria, ST) serta para Kepala Seksi Pelaksanaan Wilayah I D dan staf.

Paparan Ka Satker,Ir. Muhtar Effendy Harahap,menyampaikan  secara menyeluruh tanggung jawab SNVT Wilayah II, Tais- Batas Provinsi Lampung,dilanjutkan Paparan oleh PPK-5, Pelaksanaan jalan Tais dan sekitarnya ( Zamri, Y, ST) yang bertanggung jawab 2 (dua) Pemeliharaan berkala jalan, 1 (satu) paket berkala Jembatan Air Laga, 5 (lima) Peningkatan Berkala struktur Jalan serta 6 (enam) paket Rutin Jalan dan 5 (lima) paket rutin jembatan.

 

Dari SKPD-TP Dinas PU Provinsi Bengkulu (KaSatker Hasnul Basri, ST), dipaparkan oleh PPK-1,Ruas Jalan Sebelat-Sungai Hitam (Ir. Ikhsan),dengan tanggung jawab 3 (tiga) paket Kontrak  Peningkatan struktur Jalan, 1 ( satu) paket Box Culvert Sebelat-Ketahun dengan 2 (dua) paket Konsultan Supervisi, PT. Citra Utama Konindo dan PT. Giritama Persada. Untuk paket Rutin Swakelola ada 5 (lima) paket Rutin Jalan serta 4 (empat) paket Rutin Jembatan.

PPK-2 SKPD-TP, Syamsul Bahri, SE, ST, untuk ruas Jalan Batas Provinsi Sumatera Selatan-Simpang Nakau; Peningkatan Struktur Jalan dan Penggantian Jembatan Nakau- bts. Kota Kepahiang, masing-masing 1 (satu) paket. Konsultan Pengawas paket Jalan, CV. Ideal Consultant,sedangkan Konsultan supervise paket Jembatan, PT. Blantickindo Aneka. Paket Rutin Swakelola PPK-2 ada 11 (sebelas) paket dan 3 (tiga) paket rutin swakelola Jembatan.

Dalam kesempatan ini juga ditambahkan paparan PPK-5 ( Aulia Azis,ST), Pelaksanaan Jalan & Jembatan Nasional Sp. Tanjung karang-bts. Kota Sukamaju-Kalianda dan sekitarnya, SNVT Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Provinsi Lampung, hal ini karena pada saat rapat pembahasan progres pelaksanaan jalan Nasional Provinsi Lampung termasuk SNVT SKPD-TP Dinas PU Provinsi Lampung tanggal 31 Mei 2011 di BBPJN III ,Palembang, disampaikan oleh KaSatker, Adri Saputra, ST, MM, MT, karena PPK-5, minta izin berhalangan hadir. Tanggung jawab PPK-5 ada 2 (dua) paket peningkatan jalan, 1 (satu) palet pelebaran jalan/peningkatan kapasitas (pasca bencana/gorong-gorong) serta 1 (satu) paket Pemeliharaan berkala jalan,sedangkan paket Rutin Swakelola jalan ada 10 (sepuluh) paket dan 3 (tiga) paket Swakelola Rutin Jembatan.

Hal-hal yang perlu menjadi perhatian semua fihak dari pengarahan Kepala BBPJN, Kasubdit Wilayah I D, para Kepala Bidang BBPJN III,paparan Ka satker dan para PPK serta dari Tanya jawab, diskusi dan solusi antara lain sebagai berikut:

  • SKPD Provinsi Bengkulu harus lebih mengoptimalkan lagi progres fisik lapangan sesuai dengan progress keuangan terutama Rutin Swakelola tanpa mengabaikan mutu pekerjaan.
  • Laporan kemajuan penambalan lobang,dilaporkan per 2 minggu dengan format yang standar dari Balai.
  • Pelaksanaan paket Kontraktual maupun Rutin Swakelola, baik Satker wilayah maupun SKPD harus dengan standar yang sama, karena semua Jalan Nasional.
  • Semua lobang harus tertutup aspal/patching sebelum bulan puasa/akhir Juli sesuai dengan kontrak Kinerja, jalan fungsional untuk Jalur Angkutan Lebaran.
  • Laporan kondisi jalan dan jembatan sesuai kontrak Kinerja per 3 bulan., P2JN per 6 bulan, dengan alat baru P2JN akan survey sebagai bahan program 2012.
  • Program tahun anggaran 2012 harus memperhatikan rutin dan berkala Jembatan sesuai jumlah dan panjang jembatan  di Provinsi masing-masing.
  • Analisa Mengenai Dampak Lingkungan ( AMDAL) di kelokan Manula di usulkan dengan dan Balai dari paket yang sedang proses seleksi pengadaan Konsultan.
  • Pengawasan Masyarakat ( Wasmas) semakin besar,untuk itu harus menjadi perhatian pokok tentang mutu, BBPJN akan secara random mengadakan audit mutu.
  • Progres fisik per 31 Mei 2011 =12,70 % dan progress keuangan = 16.86 %, untuk seluruh BBPJN III masih perlu ditingkatkan,karena waktu terpakai Tahun Anggaran hampir 50 %, walau progress tersebut diatas rata-rata Nasional.
  • Administrasi kontrak, back-up data, quantity dan qualitycontrol  harus sesuai dengan Kontrak, Spesifikasi Teknis Edisi November 2010.
  • Aspek Lingkungan, dengan Rencana Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan (RPPL) harus diperhatikan seperti debu yang disiram oleh penduduk.
  • Aspek keselamatan jalan juga harus diutamakan sesuai amanat UU No:22/2009 dengan rambu-rambu di zona kerja yang cukup.
  • Dan hal-hal teknis lainnya.

Rapat koordinasi dan paparan dari para Satker dan PPK termasuk SKPD di Provinsi Sumatera Selatan akan diadakan pada hari rabu tanggal 15 Juni 2011 di BBPJN III Palembang, sedangkan untuk Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung (Babel) akan diadakan  pada hari Jum’at tangal 17 Juni 2011 di Tanjung Pandan, Belitung.