RAPAT KOORDINASI DAN PEMBAHASAN JUSTIFIKASI TEKNIS PAKET- PAKET SNVT DI PROVINSI BENGKULU.

Oleh: Urusan Informasi Publik, Bidang Perencanaan

Tim Pembahas Teknis`berdasarkan Surat Keputusan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) III, no: 148/KPTS/BU.III/IV/2011, tanggal 7 April 2011 tentang Pembentukan Tim Pembahas Teknis BBPJN III Tahun Anggaran 2011, Tim Pembahas melakukan Pembahasan/penelitian terhadap usulan Justifikasi Teknis setelah dilakukan  penelitian oleh Panitia Peneliti Pelaksanaan kontrak (PPPK), dimana dalam hasil penelitian PPPK terjadi perubahan target, perubahan waktu pelaksanaan & pemeliharaan dan atau perubahan biaya konstruksi dalam Kontrak.

Hasil pembahasan Tim Pembahas Teknis (TPT) disampaikan kepada Kepala BBPJN III untuk mendapatkan persetujuan Justifikasi Teknis. sebagai bahan pertimbangan Amandemen Kontrak. Adapun susunan TPT yaitu sebagai Ketua, Ir. Kgs. Syaiful Anwar, MT, Kepala Bidang Pelaksanaan; Sekretaris Tim, Kepala SNVT Pelaksanaan Jalan yang bersangkutan, sedangkan anggota terdiri dari unsur, Kepala Bidang Perencanaan, Ir. Syarkowi, M.Sc,;Kepala SNVT P2JN Provinsi serta Ketua Panitia Peneliti Pelaksanaan Kontrak tiap paket.

Sesuai jadwal penyelesaian Administrasi kontrak, sejak SPMK, Field Engineering/Survey bersama, dan sejak tanggal SK Tim Pembahas Teknis telah melaksanakan pembahasan -pembahasan/penelitian Justifikasi Teknis untuk paket-paket di SNVT Pelaksanaan Jalan Nasional Wlayah II Provinsi Bengkulu (Ka Satker, Ir.Muhtar effendi Harahap); SNVT Wilayah II ( Ka Satker, Bambang Eko Saputro, ST, MSi. Untuk Anggota dari SNVT P2JN  Provinsi Bengkulu, Zakaria, ST.

Presentasi Draft Persetujuan Justifikasi Teknis hasil pembahasan Justifikasi Teknis hasil dari Field Engineering bersama 3 (tiga) fihak, Kontraktor, Konsultan dan dari fihak PPK serta PPPK, disampaikan Oleh Ketua Panitia Peneliti Pelaksanaan Kontrak (PPPK) masing-masing Wilayah.I & II. Untuk Wilayah II/Selatan Pembahasan pada tanggal 9 Juni 2011 untuk seluruh paket-paket di PPK-5 ( Zamri. Y, ST); PPK-6 ( Yudian Budi Khrisna, ST).Pada tanggal 10 Juni 2011, dibahas untuk seluruh paket-paket di Wilayah I/Utara untuk seluruh paket-paket di PPK-4 ( Endro Kusmojoyo, ST, MT).

Kepala Bidang Perencanaan menyampaikan ke Tim Konsultan Supervisi agar melengkapi data hasil survey di segmen kontrak dengan data jumlah, lokasi dan jenis konstruksi Jembatan juga penanganannya. Program tahun-tahun selanjutnya harus lebih memperhatikan tentang Pemeliharaan Rutin maupun Berkala Jembatan.

Diminta juga agar memperhatikan lokasi-lokasi rawan kecelakaan bila ada untuk dievaluasi bila kurang sempurnanya perencanaan atau pelaksanaan penyediaan infrastruktur jalan.

Dalam rangka pembahasan Justifikasi teknis, yang juga dihadiri PPK dari SKPD Provinsi Bengkulu dilakukan Rapat Koordinasi Pelaksanaan kontrak-kontrak dari 4 (empat) SNVT, yaitu SNVT Pelaksanaan Wilayah I & II, SNVT P2JN serta SNVT SKPD Dinas PU Provinsi Bengkulu.

Dalam pembahasan, Kabid Perencanaan (Ir. Syarkowi, MSc} menyampaikan agar dalam pelaksanaan harus memperhatikan Spesifikasi Edisi November 2010 antara lain tentang  tata cara Pengukuran dan Pembayaran tiap Mata Pembayaran dari Bill of Quantity Kontrak. Memperhatikan Manjemen dan Keselamatan Lalu Lintas (Lampiran 1.8.A) di Zona kerja yang telah ada pembayaran tersendiri serta merupakan amanat UU No: 22/2009 tentang LLAJ yang mempunyai konsekwensi hukum pidana maupun perdata bagi Penyelenggara Jalan.

Hal lain yaitu tentang Rencana Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan (RPPL),di Lampiran 1.17, yang merupakan salah satu syarat pengajuan Monthly Certificate (MC) disamping kelengkapan Back up data Quantity dan Quality control.

Berkenaan dengan Leger Jalan/ Asset Jalan, agar memasang patok Ruang Milik Jalan (Rumija),baik patok baru RMJ maupun pengecetan patok-patok lama Leger jalan , ex-DMJ  ( Daerah Milik Jalan) ataupun ROW ( Right of Way )., termasuk juga patok-patok Kilometer (KM).