TRAINING PENGGUNAAN ALAT SURVEY IRMS SNVT P2JN PROVINSI BENGKULU

Oleh:Urusan Informasi Publik, Bidang Perencanaan

Salah satu tugas SNVT P2JN adalah melaksanakan survey IRMS/BMS dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.Untuk mendukung hasil survey kondisi jalan Nasional yang akurat, maka SNVT P2JN Provinsi Bengkulu (Ka satker, Zakaria, ST) pada tahun anggaran 2011 mengadakan Alat Laboratorium Pengolah data Survey dan alat penunjang berupa alat survey menyatu dengan kendaraan survey serta program pengolah data.

Untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM), Pelaksana survey dan Pengolah data, pada hari Jumat tanggal 10 Juni 2011 diadakan Training kepada Staf SNVT P2JN Provinsi Bengkulu dengan penjelasan peralatan survey, operasional kendaraan survey serta Program pengolahan data serta ujicoba di lapangan.

Dalam diskusi dan Tanya jawab dengan Instruktur, Kepala Bidang Perencanaan, Ir. Syarkowi, M.Sc mengemukakan bila dimungkinkan Alat survey masih bisa di lengkapi lagi dengan kamera dan system untum mendapatkan data Ruang Milik Jalan ( Rumija) untuk melengkapi data leger/Asset jalan Nasional agar dapat melengkapi  data tersebut atau tidak lagi dengan cara pengukuran manual.

Pertemuan diruang rapat dan halaman kantor SNVT P2JN Prov. Bengkulu dilakukan penjelasan dari Penyedia alat, Bapak Pontjo dan staf mepresentasikan tentang;Penjelasan Expansi PAR ke PARVID; Tata cara instalasi Program dan penggunaannya serta Tutorial kepada staf Teknik P2JN yang dihadiri juga Kabid. Perencanaan, Ka Satker P2JN Prov. Bengkulu serta Konsultan Manajemen Proyek ( KMP) BBPJN III ( Team Leader, Ir. Iwan Hardi dan Tenaga Ahli, Ir. Komaruddin.

Detail penjelasan seperti terurai dibawah ini yang disampaika oleh Bapak Pontjo dari Bandung dan dua staf, sebelum dilaksanakan uji coba ke ruas jalan Nasional.

EXPAND PAR TO PARVID

EXPAND FROM  PAR TO PARVID

  1. Expansi dari PAR ke PARVID adalah terdiri dari
  • Penggantian Loger PAR menjadi loger PARVID yang telah dilengkapi kabel sensor tekan yang akan otomatis menyalakan handycam pada saat dimulainya survey di awal ruas (dilakukan dengan menekan angka 1 pada loger PARVID)
  • 2 buah handycam , masing- masing adalah handycam situasi dan handycam kondisi,  remote dari handycam tersebut telah dimodifikasi dengan menambahkan kabel sensor yang akan dihubungkan dengan loger PARVID pada saat pelaksanaan survey.
  • 1 buah Monitor TV mobil yang akan dipasang pada sandaran kursi untuk memonitor video handycam kondisi aspal (perkerasan) yang dipasang di belakang atap mobil
  • 1 buah Tripod untuk menyangga handycam situasi
  • 1 buah penyangga magnet untuk menyangga handycam kondisi yang akan dipasang di belakang atap mobil
  • Kabel –kabel Audio Visual penghubung monitor dengan handycam
  • Program serial_video.exe, untuk memindahkan data dari loger PARVID ke laptop melalui kabel USB to Serial
  • Program PARVID untuk menampilkan video situasi dan kondisi , loger, peta, GPS tracking  , dan grafik kondisi secara bersamaan
  1. Expansi dari PAR ke PARVID salah satunya dilakukan dengan mengganti loger PAR menjadi loger PARVID,

Loger PARVID telah dilengkapi dengan kabel sensor (gambar 1) yang akan dihubungkan     dengan kabel 2 remote handycam, yaitu remote handycam situasi (depan), dan remote kondisi aspal.

Gambar 1. Loger PARVID dengan kabel sensor tekan yang akan dihubungkan dengan remote handycam

Pada pelaksanaan survey, jika kabel loger telah dihubungkan ke kabel remote,     maka ketika dilakukan start survey di awal ruas (menekan angka 1 pada loger),     remote akan otomatis mengirimkan sinyal ON kepada handycam, sehingga            semua alat dapat bekerja secara bersamaan

Loger ini juga digunakan untuk menyimpan berbagai data tanpa menggunakan laptop secara terus menerus, kapasitas loger ini mencapai 1 GigaByte (GB) , selanjutnya data yang disimpan loger dipindahkan ke laptop melalui kabel USB to serial dan tersimpan dalam bentuk Microsoft Excel (.xls). Output yang disimpan Loger adalah :

  • NAASRA (National Association of Australian State Road Authorities)  meter yang menghasilkan nilai IRI (International Roughness Index)

Spesifikasi Nilai IRI :

> 12                                                                            : Rusak Berat

8 – 12                                                                         : Rusak Ringan

4 – 8                                                                           : Sedang

0 –  4                                                                          : Baik

(Korelasi antara nilai IRI dan kondisi jalan bersifat flexible, sesuai keinginan pemerintah terkait)

  • · DRP (Data Reference Point) , atau disebut juga STR (Survey Titik Referensi) yang menyimpan Halda meter beserta semua legenda-nya yang terdiri dari Patok KM, Gorong-gorong (culvert), Jembatan (Bridge), Rel Kereta Api , Persimpangan , dll
  • · Longitude dan Latitude dari GPS Tracking

Gambar 2  adalah gambar posisi handycam :

Gambar 2.  Sebelah kiri adalah kamera kondisi aspal yang diletakkan di belakang atap mobil, sebelah kanan adalah handycam situasi yang diletakkan di posisi depan.

Berikut adalah contoh hasil output loger PARVID :

Display handycam yang berada dibelakang atap mobil dapat dilihat dengan menggunakan monitor yang diletakkan pada sandaran kursi depan, hal ini dilakukan untuk mengontrol handycam, apakah handycam dalam keadaan record atau tidak.

  1. Pemindahan data dari loger PARVID ke Laptop melalui USB to Serial dilakukan dengan program serial_video.exe , cara memindahkannya sama dengan cara memindahkan data dari loger PAR, hanya saja program serial yang digunakan berbeda.
  1. GPS (GLOBAL POSITIONING SYSTEM) TRACKING

Adalah Sistem navigasi satelit, GPS ini menggunakan satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke bumi, sinyal ini diterima oleh alat penerima di permukaan, dan digunakan untuk menentukan kecepatan, posisi, arah dan waktu. Huruf N pada Latitude menyatakan North (Utara), yaitu Lintang utara, garis lintang utara adalah garis khayal yang melingkari bumi dari equator (garis khatulistiwa)  hingga ke bagian kutub utara bumi. Huruf E pada Longitude menyatakan East (Timur), yaitu bujur timur, garis bujur  timur adalah garis khayal yang berada di sebelah timur kota Greenwich.

  1. NAASRA METER DAN KABEL PEGAS

Batang Naasra pemantau getaran kerusakan, setiap getaran sekecil apapun akan ditangkap, dengan alat ini menggunakan pulsa 1000 satu putarannya.

  1. ROTARY HALDA DAN ROTARY NAASRA

 

Alat penangkap sensor yang mana plat sensor tersebut sudah dirancang sebagai alat penangkap getaran menjadi elektromagnetik (Analog to Digital).

  1. COUNTER

Alat monitor pencatat Naasra meter yang bersifat display dengan 6 digit angka. Kendali monitor pergerakan Naasra dan Halda meter. Nilai Skala kalibrasi Naasra meter dan Haalda meter ini harus disesuaikan dengan skala kalibrasi loger pada saat kalibrasi mobil dijalankan.

  1. POWER INVERTER

Alat elektronik untuk mengubah Listrik DC (accu mobil) menjadi AC dengan kapasitas volume 300 watt, alat ini juga berguna untuk pemakaian listrik lainnya seperti HandyCam, charger HP atau Lap Top dll.

  1. LAPTOP

Laptop digunakan untuk memproses data (Processing Data) yang disambungkan ke loger melalui kabel USB to Serial menggunakan software (Perangkat lunak)

  1. HANDY CAM DAN MONITOR

Handycam digunakan untuk menghasilkan 2 output video

  • Video situasi jalan yang ditempatkan di depan , untuk merekam video 70% situasi jalan, dan 30% langit-langit

Spesifikasi Program PARVID

  1. Buka Front Page PARVID

PARVID Environtment

Tampilan PARVID dengan grafik, grafik warna merah , biru, kuning, dan hijau menginterpretasikan kondisi jalan pada spot-spot dan km tertentu, warna merah berarti jalan berkondisi rusak berat, hijau berarti jalan berkondisi rusak ringan, kuning berarti jalan berkondisi sedang, biru berarti jalan berkondisi baik. Grafik pada program dilengkapi dengan slider seperti gambar dibawah ini

Slider dapat digeser ke spot-spot tertentu pada grafik untuk melihat video kondisi jalan.