INVENTARISASI DAERAH RAWAN KECELAKAAN, ABRASI PANTAI DAN ASPEK LINGKUNGAN BIDANG JALAN

Oleh: Syarkowi, Ir. M.Sc, Kepala Bidang Perencanaan

 Salah satu satu Tupoksi Bidang Perencanaan BBPJN yaitu berkenaan dengan Aspek Keselamatan Jalan dan juga Aspek Lingkungan bidang Jalan. Untuk itu dilakukan inventarisasi berkenaan 2 (dua) hal tersebut di Ruas Kota Bengkulu/Pasar Pedati- Kerkap- Lais- Bintunan- Ketaun. Pada ruas Batas Kota Bengkulu/Pasar Pedati- Kerkap sudah dilakukan pada tanggal 19-20 April 2011 yang lalu.Pada tanggal 10 Juni 2011, bersama dengan  Konsultan Manajemen Proyek (KMP) Balai, Ir, Iwan Hardi Kowi ( Team Leader ) dan Ir. Komaruddin ( Quality Engineer) bersamaan dengan Monitoring dan Evaluasi paket-paket Tahun Anggaran 2011 di Provinsi Bengkulu.

 

Disamping ruas-ruas Kota Bengkulu-Curup-Batas Provinsi Sumatera Selatan, maka Ruas Pasar Pedati- Kerkap-Lais- Bintunan-Ketaun sampai ke Seblat, merupakan juga tanggung jawab SNVT SKPD Dinas PU Provinsi Bengkulu. Mulai dari Seblat- Ipuh-Bantal-Penarik – Muko-moko sampai Batas Provinsi Sumatera Barat merupakan tanggung jawab SNVT Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I ( Ka SNVT, Bambang Eko Saputro, ST, MSi.,Sedangkan kearah selatan,dari Pasar Pedati – sampai Lais, tanggung jawab PPK-3 SKPD ( PPK, Yahya, ST), dari Lais ke batas provinsi Lampung, penanggung jawabnya adalah SNVT Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II ( Ka Satker, Ir. Muchtar effendi Harahap). Untuk SNVT Wilayah I & II, Supervisi dibawah koordinasi SNVT P2JN Prov. Bengkulu ( Ka Satker, Zakaria, ST), sedangkan SKPD mempunyai Konsultan Pengawas tersendiri.

 

Kepala Satker SKPD Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bengkulu, Hasnul Basri, ST.,sedangkan PPK-1, untuk wilayah Utara Ir. M.Ikhsan. PPK-1,dengan 4 (empat) paket Kontrak Fisik dan 2 (dua) Paket Konsultan Pengawas.Kontraktor Peningkatan struktur ruas Pasar Pedati- Kerkap, PT. Jurai Putra Agung, Konsultan Pengawas PT. Citra Utama Konindo.;Peningkatan struktur Bintunan-Tais, Kontraktornya CV. Maju Teknik.;Paket Box Culvert Sebelat-Ketahun oleh Kontraktor CV.Manggar Permata; Kontraktor PT. Asdam Jaya melaksanakan paket Peningkatan struktur jalan Ketahun-Desa Air Limas- Bintunan dengan Konsultan Supervisi PT. Giritama Persada.

 

Di ruas Kerkap- Lais, lokasi rawan kecelakaan di Km 24+500-25+500 dari papan peringatan dan Km 29+500 – 30+500 ada mobil terbalik. Lokasi potensi rawan kecelakaan juga di lokasi Abrasi pantai di Km 36+900 Desa Air Napal , disamping itu di jembatan-jembatan di tikungan dan kerusakan lantai jembatan Air Besi.

 

Dipersimpangan tiga Kerkap, ada segitiga pemisah arus lalu lintas dengan Patung Polisi Lalu Lintas Wanita ( Polwan) cukup membahayakan Pengguna jalan karena kurang/tidak jelas pengarah arus lalu lintas, hal ini menjadi hazard, terlihat di dinding porselin terlihat bekas ditabrak.

 

Tanda Peringatan Lokasi rawan kecelakaan juga terdapat di Km 47+600- 48+500,mulai perempatan Arga Makmur dengan Alinyemen turunan dan tikungan yang tajam. Jalan berkelok dan grade yang cukup tajam, ada 2 (dua) jembatan yang masih sempit (4,5 m) di Km 60+700 dan Km 62+200 yang berpotensi rawan kecelakaan di ruas Bintunan –Ketaun, ruas Nasional yang baru sesuai SK Menteri PU no; 631/2009, sedangkan jalan lamanya statusnya menjadi jalan Strategis Nasional.Potensi rawan kecelakaan lainnya karena jalan yang rusak,dominan sebelah kiri dari Ketaun arah Kota Bengkulu yang cukup padat angkutan batubara menuju ke arah Pelabuhan Pulau Baai, juga tidak berfungsinya drainase secara optimal.Disimpang tiga antar jalan Bintunan-Ketaun yang lama dan SK jalan Nasional baru, rawan kecelakaan karena jarak pandang tidak cukup disebabkan  Ruang Milik Jalan ( Rumija) tidak memenuhi seperti diatur dalam PP No:34 tahun 2006 tentang Jalan.

 

Aspek Lingkungan bidang jalan, juga wajib menjadi perhatian, akibat jalan rusak, akan menimbulkan protes mayarakat, baik di ungkapkan secara langsung di media,demonstrasi, juga dengan melakukan penyiraman sendiri di lingkungan rumah penduduk. Penghijauan juga sudah menjadi perhatian Kabupaten Bengkulu Utara dengan ibukotanya Arga Makmur dengan memasang baleho pentingnya daerah hijau yang asri disepanjang koridor Jalan Lintas Barat ( Jalinbar) khususnya wilayah Kabupaten Bengkulu Utara. Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III, DitJen Bina Marga, dalam kontrak-kontrak Fisik juga telah ada item Penanaman pohon dalam rangka penghijauan serta  mendukung program Pemerintah penanaman 1 milyar pohon.