WORKSHOP ROAD SAFETY AUDIT AND CRASH REDUCTION PROGRAMME DI BANDUNG.

Oleh: Syarkowi, Ir, M,Sc, Kepala Bidang Perencanaan

Dalam rangka Implementasi UU No: 38/2004 dengan PP No:34/2006 tentang JALAN  PP No; 15/2005 yang telah diubah dengan PP No: 44   /2009 tentang perubahan Atas Peraturan Pemerintah No:15 Tahun 2005 tentang TOL ; UU No: 22 /2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan(LLAJ) serta Permen PU no: 11/PRT/M/2010 tentang Tatacara dan Persyaratan LAIK FUNGSI JALAN  yang berkenaan dengan pasal-pasal terkait tentang Keselamatan jalan, maka dibutuhkan upaya-upaya intensif berkenaan pengkajian dan pembahasan Aspek Keselamatan Jalan dan Pengurangan kecelakaan seperti yang di Programkan PBB  ( Decade of Accident = DoA) dimana target 2010-2014, tingkat fatalitas Kecelakaan lalu lintas berkurang 50  %.

Salah satu upaya yaitu Workhop Road Safety Audit and Crash Redution, yang dilaksanakan oleh Subdit Teknik Lingkungan dan Keselamatan Jalan, Direktorat Bina Teknik, Ditjen Bina Marga di Marbella Hotel Dago Pakar, Bandung tanggal 26-27 Mei 2011.

Acara dibuka oleh Direktur Bina Teknik ( Ir. Purnomo), yang diwakili oleh Kepala Subdit Teknik Lingkungan dan Keselamatan Jalan (Subdit TLKJ), Ir. Herry Vaza, M.Eng Sc, dilanjutkan sambutan dari IndII DGH Lead Advisor, David Foster.Adapun materi yang di bahas yaitu: Pengantar Keselamatan Infrastruktur Jalan oleh Ir. Herry Vaza, M.EngSc; Sekilas tentang Proyek Road Safety Audit and Crash Reduction Project (RSACRP) oleh Gerard Neilson serta Pengantar Laporan Road Safety Audit (RSA) oleh David Williamson dilanjutkan dengan tanya jawab dari para Peserta dan narasumber.

Dalam acara workshop juga dibahas secara kelompok/ Desk Assistance Laporan RSA ( Road Safety Audit) paket-paket EINRIP yaitu Proyek EKB-01 dengan narasumber Ir. Jani Agustin, MSc.;Paket Proyek ESR-01, dengan Narasumber Arief Rizaldi, ST; Laporan RSA Paket Proyek ESS-02, dengan narasumber Andria, MF, ST,sedangkan untuk Laporan RSA Paket Proyek EE-05 yang dipandu David Williamson & Ir. Victor Taufik, MT.

Dihari kedua disampaikan Pengantar Laporan Crash Reduction oleh Gerard Neilson serta diskusi dan Tanya jawab dengan Moderator Ir. Jany Agustin, M.Sc, dilanjutkan Rencana Kegiatan Keselamatan jalan  sebelum Penutupan oleh Kepala Sub Direktorat  ( Subdit) Teknik Lingkungan dan Keselamatan Jalan oleh Ir. Herry Vaza, M, Eng Sc.

Diusulkan juga agar paket-paket WINRIP , dana pinjaman Australia seperti halnya EINRIP di Wilayah BBPJN III yaitu paket  di  Provinsi Bengkulu, Ruas Ipuh- Bantal   dan paket ruas Krui-Biha  di Provinsi Lampung yang saat ini dalam proses lelang /tender perlu juga dilakukan Road Safety Audit (RSA) terhadap Detailed Engineering Design (DED) untuk mengeliminir masalah  masalah bila dilakukan Evaluasi Laik Fungsi Jalan dikemudian hari.

Road Safety Audit and Crash Reduction Programme (RSACRP) Project telah mengirimkan ke Binamarga  Road Safety  Audit (RSA) untuk 16 paket proyek EINRIP dan Laporan Crash Reduction (CR) untuk 30 loksi di Jalan Pantura ( Pantai Utara) Jawa dan Jalintim (Jalan Lintas Timur) Sumatera dengan gambar serta dokumen untuk diimplementasikan.

Acara tersebut diundang dari semua Instansi terkait dan para Satker/PPK Paket EINRIP yang diwakili 4 paket diatas. Penulis diundang berkenaan dengan salah satu Tupoksi Bidang Perencanaan BBPJN, yaitu Aspek Keselamatan jalan dan juga Peserta Fact Finding Mission ( FFM ) Angkatan 1 ,termasuk Ir. Subaiha Kipli, MT,pada tahun 2010 dan juga wakil dari Peserta FFM Angkatan 2 tahun 2011, yaitu Widayani, ST, MT, yaitu Program pembelajaran dan mebandingkan fakta-fakta di Victoria Road ( VicRoad) Melbourn yang telah lama melaksanakan program keselamatan jalan. Program ini dibiayai Indonesian Infrastructure Initiative( INDII) dalam rangka mempelajari Aspek Keselamatan Jalan di Australia.