SOSIALISASI SPESIFIKASI 2010 DI DINAS PU BINA MARGA PROVINSI SUMATERA SELATAN

Oleh: Urusan Informasi Publik, Bidang Perencanaan

 Sesuai permintaan PPTK Pengawasan Teknis Jalan dan Jembatan Dinas PU Bina Marga Provinsi Sumatera Selatan, Ir. Ansori AZ , Kepala Bidang Perencanaan BBPJN III, Ir.Syarkowi , M.Sc, diminta untuk menyampaikan Pencerahan dan Penjelasan Spesifikasi 2010 pada acara sesuai undangan Core Team PT. Visi Tekniktama Unggul Consultant ( Team Leader Ir. Irwantho. D) tentang Rapat Koordinasi bulan ke IV Konsultan Pengawasan,tanggal 6 Juni 2011 di Operation Room Lantai 3 Dinas PU Bina Marga Provinsi Sumatera Selatan.

Pembinaan Sumber Daya Manusia ( SDM ) di Pemerintah Daerah,dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III, Direktorat Jenderal Bina Marga, di Dinas PU Bina Marga Provinsi Sumatera Selatan, dalam hal ini Penyedia Jasa/Konsultan Pengawasan di jalan Provinsi sejalan dengan VISI dan MISI dalam Rencana Strategis (Renstra ) Ditjen Bina Marga 2010-2014, berkenaan memfasilitasi agar kapasitas Pemerintah Daerah meningkat dalam menyelenggarakan jalan daerah melalui Sumber Daya Manusia (SDM) Konsultan Supervisi.

Sosialisasi Spesifikasi Umum 2010, dibuka oleh KPA Pengawasan Teknis Jalan dan Jembatan APBD Tahun Anggaran 2011 Dinas PU Bina Marga Provinsi Sumatera Selatan ( Ir. Syarifudin MF, S.IP, MT). Hadir juga dalam acara tersebut Kepala Dinas, Ir. H. Herry Amalindo, MM; Sekretaris Dinas, Ir.Akhmad Syarbani Balik, M.EngSc; Kepala Bidang Pelaksanaan I, Ir. H.Darwin, MM,;Kepala Bidang Pelaksana II, Ir. Meysal Aidil, CES serta Ir.H. Zainul Halim, Kepala Bidang Pengujian dan Peralatan.

Pemaparan Spesifikasi Edisi November 2010 oleh Kepala Bidang Perencanaan BBPJN III dibantu staf Bid Ren , Intan Permata Sari, ST kepada Site Engineer (SE) merangkap Quality Engineer (Qlty) dan Chief Inspektor (CI) merangkap Quantity ( Qty) dari 18 paket Pengawasan dan para Tenaga Ahli ,Coreteam PT. Visi Tekniktama Unggul Consultant serta beberapa PPTK dan Staf Dinas PU Bina Marga Provinsi Sumatera Selatan.Berkenaan Pembinaan SDM ini, Dinas PU Bina Marga berencana akan mengadakan sosialisasi Spesifikasi Umum 2010 kepada SDM Kontraktor dan seluruh PPTK dan staf.

Pada tahun anggaran 2011, Dokumen Tender/Kontrak-kontrak Dinas PU Bina Marga masih menggunakan Spesifikasi Edisi Desember 2006, maka  dalam sosialisasi ini hanya ditekankan hal-hal baru yaitu perubahan item-item Spesifikasi yang berubah atau penambahan. antara lain item  Keselamatan dan Kesehatan kerja (K3); Manajemen mutu; Manajemen dan keselamatan lalu lintas; U ditch dan Darinase porous (PVC); Capping layer; Join antara Flexible pavement dan Rigid yang tidak boleh segaris, harus bertangga; Agregat S untuk bahu serta bahu diperkeras/paved shoulder.

Hal lain yang dibahas tentang galian pelebaran < 1,2 m, sesuai surat Dirjen Bina Marga no: UM-0103/Dh/242, tanggal 21 Maret 2008, butir 1.3 tentang pelebaran jalan; juga As Built Drawing (ABD)/ Gambar terlaksana yang harus siap saat Provisional Hand Over (PHO),sebelumnya paling lambat 14 hari sebelum Final Hand Over (FHO).

Pemaparan juga tentang jadwal urutan kerja yang harus dipatuhi seperti pekerjaan drainase yang harus dilaksanakan sebelum pekerjaan utama lainnya, pekerjaan minor dan pengembalian kondisi; cara pengukuran dan pembayaran tiap item dari beberapa item yang berubah cara pembayaran dari kubikasi menjadi Tonase dan pemisahan pembayaran seperti  pembayaran aspal/bitumen serta Rencana Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan (RPPL) yang merupakan back up untuk penarikan Monthly Certificate (MC) disamping Back up Quantity dan Quality.

 

Pada kesempatan ini juga disamping dilakukan Tanya jawab,visualisasi kesalahan-kesalahan umum dengan foto-foto item yang dibahas juga dijelaskan tentang Institusi dan wilayah kerja Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) III serta Tugas dan Fungsi (Tupoksi) Bidang Perencanaan,selain Program dan Perencanaan teknis, juga antara lain Unit Layanan Pengadaan (ULP) serta Dokumen Pengadaan yang salah satunya berkenaan Spsesifikasi Teknik .